Anak Usia di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker, Begini Alasannya

Anak usia di atas 12 tahun wajib pakai masker

Jakarta, IDN Times - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan agar anak berusia di bawah dua tahun memakai face shield atau pelindung wajah, untuk mencegah terpapar COVID-19.

Dokter spesialis anak Yogi Prawira mengungkapkan sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa anak kelompok usia dua tahun ke bawah, tidak direkomendasikan menggunakan masker.

"Namun sebaiknya anak tidak keluar rumah dulu jika tingkat penularan di daerahnya masih tinggi. Kecuali ada kebutuhan yang mendesak misalnya, vaksinasi dan sebagainya,” kata Yogi dilansir saluran YouTube BNPB, Senin 31 Agustus 2020.

1. Kelompok usia di bawah dua tahun sebaiknya menggunakan face shield

Anak Usia di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker, Begini AlasannyaPetugas medis menggunakan faceshield saat sedang melakukan rapid tes. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Satgas COVID-19 IDAI ini juga memaparkan, penggunaan masker anak di bawah dua tahun dikhawatirkan bisa mengganggu pernapasannya, sementara mereka juga belum bisa mengungkapkan perasaan tidak nyaman yang dialaminya.

“Maka alternatifnya, kelompok usia ini boleh menggunakan face shield, tetapi ada syaratnya, dengan pengawasan yang ketat dari orang tua selama menggunakan penutup tersebut,” kata Yogi.

Baca Juga: Derita Anak-Anak Manusia Silver, Merintih Kesakitan demi Dapat Rupiah 

2. Bayi sebaiknya menggunakan kereta dorong ya

Anak Usia di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker, Begini AlasannyaIlustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Yogi juga merekomendasikan untuk bayi. Menurut dia akan sulit apabila bayi harus memakai face shield, sehingga sebaiknya menggunakan kereta dorong dengan penutup atau partisi transparan.

“Kita tahu salah satu penyebarannya adalah melalui droplet. Jadi kita harus melindungi (anak dari) paparan droplet itu. Karena anak bisa terinfeksi,” kata dia.

3. Anak berusia 12 tahun ke atas harus menggunakan masker

Anak Usia di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker, Begini AlasannyaWarga dengan mengenakan kostum wayang mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih di Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020) (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sementara, sesuai rekomendasi WHO anak berusia 12 tahun ke atas harus menggunakan masker seperti orang dewasa, untuk membantu mengatasi pandemik COVID-19. Sedangkan, anak usia enam sampai 11 tahun harus menggunakan masker dengan prosedur berbasis risiko.

"Anak-anak berusia 12 tahun ke atas secara khusus harus menggunakan masker ketika menjaga jarak satu meter dengan yang lainnya tidak dapat dijamin, dan terjadi penularan yang tersebar luas di area tersebut," kata Yogi.

Baca Juga: Pak Jokowi, Dapat Surat Nih dari Anak-anak Terdampak COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya