Pemprov Sulsel Kucurkan Rp33 Miliar untuk Luwu Utara

Pembangunan Bandara Andi Djemma dan jalan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengucurkan dana sebesar Rp33 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membangun Bandara Andi Djemma, Kabupaten Luwu Utara. Selain itu, dana juga akan dipakai untuk membangun jalan menuju Seko.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, proyek ini telah masuk perencanaan prioritas, yakni Jalan Seko dan Rampi. “Kami akan membuat design yang detail dan kajiannya  agar bermanfaat bagi masyarakat," kata Andi Sudirman.

Baca Juga: Sulawesi Selatan, Pintu Gerbang Kawasan Indonesia Timur

1. Penanganan jalan rusak jadi prioritas

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp33 Miliar untuk Luwu UtaraIDN Times / Istimewa

Saat ini, imbuh Andi Sudirman, penanganan jalan-jalan yang rusak di berbagai daerah menjadi salah satu program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, termasuk jalan di Seko dan Rampi, Kabupaten Luwu Utara.

Dengan begitu, lanjut dia, juga bisa memberikan akses pendidikan yang lebih mudah di daerah-daerah. Hal ini juga bisa mendukung metode pendidikan dengan program zonasi. “Jarak yang cenderung jauh dan akses jalan jelek sehingga banyak anak yang putus sekolah,” tutur dia.

2. Pemprov dan Pemkab harus sinergi demi membangun daerah

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp33 Miliar untuk Luwu UtaraHumas Sulsel

Akan tetapi untuk memenuhi semuanya, kata dia, pemerintah provinsi dan kabupaten harus bersinergi. Oleh karena itu Luwu Utara harus aktif dalam pengembangan dan pembangunan daerah. “Kalau kita sinergi maka perencanaan bisa fokus direalisasikan,” tutur Andi Sudirman.

3. Pelayanan publik merupakan keberhasilan dalam melayani masyarakat

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp33 Miliar untuk Luwu UtaraIDN Times/Didit Hariyadi

Andi Sudirman mengapresiasi inovasi pelayanan publik di Luwu Utara. Karena meraih empat penghargaan inovasi pelayanan publik.  Bahkan Luwu Utara berhasil menembus top 99 tingkat nasional. "Kita ini pelayan masyarakat, jadi harus kita layani dengan baik," katanya.

Selain itu, Diah Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB juga mengapresiasi Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Pasalnya memiliki prestasi dan inovasi yang banyak.

"Kita akan membantu dengan totalitas kepada pemerintah daerah yang aktif, inovatif, agresif,  dan langsung turun ke masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: 7 Pilihan Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Bikin Lidahmu Ketagihan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya