Komentari Ulasan YouTuber, Eiger Indonesia Dikecam Warganet

Padahal ulasan videonya kan bagus

Bandung, IDN Times - PT Eigerindo Multiproduk Industri mendapat kecaman dari warganet. Penyebabnya, dia mengkritisi ulasan seorang YouTuber atas salah satu produk yang dibelinya.

Persoalan ini ramai diperbincangkan usai salah pengguna Twitter dengan akun @duniadian atau bernama Dian Widiyanarko menggungah surat dari PT Eiger yang keberatan dengan ulasan Dian atas produk kacamata sepeda Eiger Kerato. Dalam surat tersebut Eiger menilai bahwa ulasan produk lewat video di akun Youtube @duniadian kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan produk mereka terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan, dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.

"Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda.
Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri," dalam cuitan Dian.

1. Berikut isi poin surat keberatan dari Eiger

Komentari Ulasan YouTuber, Eiger Indonesia Dikecam WarganetIDN Times/Istimewa

1. Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan Produk kami terlihat berbeda baik dan segi warna, bahan dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.

2. Adanya suara di luar video utama yang dapat mengganggu (noise) sehingga informasi tidak jelas bagi konsumen.

3. Setting lokasi yang kurang proper bagi pengambilan video.

Dari poin tersebut kami saudara dapat memperbaiki dan atau menghapus konten review produk kami yang saudara unggah di channel Youtube milik saudara.Demikian surat keberatan ini kami sampaikan. Kami berharap saudara dapat menjadi seorang YouTuber yang lebih baik lagi dalam mereview video.

2. YouTuber tidak akan menghapus video ulasannya

Komentari Ulasan YouTuber, Eiger Indonesia Dikecam WarganetIlustrasi YouTube (Tangkapan layar Youtube)

Dian pun meminta maaf atas ulasan produk tersebut. Dia menyebut bahwa dirinya bukanlah YouTuber bintang lima yang alatnya serba bagus.

"Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37ribu subscribers. Wong videonya tonenya positif," paparnya.

"Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda," pungkasnya.

3. Fiersa Besari ikut mencibir apa yang disampaikan Eiger

Komentari Ulasan YouTuber, Eiger Indonesia Dikecam Warganetinstagram.com/fiersabesari

Atas cuitan ini, banyak warganet yang mendukung langkah Dian termasuk musisi Bandung Fiersa Besari. Dalam cuitannya, dia mengaku bahwa mengkomentari hal ini bukanlah ranahnya. Namun dia pun sudah menyampaikan persoalan ini ke tim Eiger.

"Sebetulnya bukan ranah saya, karena saya bukan staf yang bekerja di Eiger. Tapi sebagai rekan, barusan saya forward tweet ini ke tim Eiger dan bilang, “Kok kayak mengekang kebebasan berpendapat? Padahal modalin videonya juga enggak.” Alias, surat yang sangat konyol," cuitnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya