Comscore Tracker

1.262 Orang Positif COVID-19, Secapa AD di Bandung Dikarantina

Gugus Tugas minta masyarakat sekitar Secapa AD tak panik

Bandung, IDN Times - Sebanyak 1.262 orang terkonfirmasi positif virus corona di Sekolah Calon Perwira atau Secapa TNI Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto, meminta masyarakat di sekitar kawasan tersebut tidak panik.

Gugus Tugas COVID-19, kata Yuri, memastikan akan ada karantina wilayah yang dilakukan di sekitar asrama Secapa TNI AD, sekolah, dan daerah tersebut.

"Kami mendapatkan laporan seluruh peserta yang dipantau isolasi dalam keadaan baik. Kami memastikan bahwa tidak ada penularan keluar komplek karena kita menjaga dengan ketat agar betul-betul karantina kewilayahan bisa dijalankan dengan secara maksimal," kata Yuri, dalam konferensi pers, Kamis (9/7/2020).

1. Pengawasan dilakukan secara ketat

1.262 Orang Positif COVID-19, Secapa AD di Bandung DikarantinaJubir Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. Dok. BNPB -

Di sisi lain, Pemprov Jabar, Pemkot Bandung, dan Kodam III Siliwangi akan melakukan pengawasan secara maksimal di tempat pendidikan tentara tersebut. Untuk itu masyarakat diharap tenang dan tidak perlu panik karena semua sudah ditangani secara profesional, sesuai standar internasional.

"Kami lakukan karantina wilayah dan menjaga seluruhnya evaluasi terhadap peserta karantina dijalankan dengan maksimal," paparnya.

2. Gugus Tugas COVID-19 harap keluarga peserta didik Secapa AD tenang

1.262 Orang Positif COVID-19, Secapa AD di Bandung DikarantinaPixabay/Lynette Coulstan

Yuri pun berharap keluarga para peserta didik yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia memahami dan memaklumi kondisi ini. Dia memastikan keluarga mereka yang berada di asrama Secapa TNI AD tetap bisa melakukan komunikasi, baik menggunakan telepon atau sarana media lainnya.

"Kita tangani profesional dan menangani sesuai kriteria internasional tentang karantina wilayah," kata Yuri.

3. Bandung jadi penyumbang kasus COVID-19 terbanyak hari ini

1.262 Orang Positif COVID-19, Secapa AD di Bandung Dikarantina(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Kasus penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat bertambah signifikan. Penemuan klaster baru di Secapa TNI-AD, Jalan Hegarmanah, Kota Bandung, menjadi penyumbang terbesar kasus positif terkonfirmasi virus corona.

Yuri mengatakan, kasus harian virus corona mencatatkan rekor baru. Per Kamis (9/7/2020) sore, terjadi penambahan 2.657 kasus baru. Angka ini memecahkan rekor penambahan kasus harian pada Rabu, 8 Juli 2020 sebanyak 1.853 kasus.

"Sehingga sekarang totalnya menjadi 70.736 kasus," kata Yuri.

Jawa Barat menjadi penyumbang kasus harian terbanyak dengan 962 kasus, diikuti Jawa Timur 517 kasus baru dan DKI Jakarta 238 kasus baru.

Yuri menyebutkan, penambahan terbanyak di Jawa Barat ini berasal dari Pusat Pendidikan Secapa AD dengan jumlah 1.262 orang terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19. Kasus tersebut telah terkonfirmasi setelah dilakukan penyelidikan epidemologi sejak 29 Juni 2020.

4. Peserta didik di Secapa AD mayoritas terpapar tanpa menunjukkan gejala

1.262 Orang Positif COVID-19, Secapa AD di Bandung DikarantinaIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Dia mengungkapkan, dari 1.262 orang kasus positif yang berhasil didentifikasi, hanya ada 17 orang yang dirawat dan melakukan isolasi di Rumah Sakit Dustira, Kota Cimahi, karena mengalami gejala meskipun ringan.

"Beberapa di antara mereka ada yang demam dan ada juga yang mengeluh di pernapasannya. Baik batuk maupun agak sesak. Sementara sisanya, tanpa keluhan apapun," kata dia. 

Baca Juga: [BREAKING] Klaster Secapa AD di Bandung, 1.262 Siswa Positif COVID-19

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya