2 Hari Dilantik, Mendagri Tito Tiba di Papua untuk Dampingi Jokowi

Papua jadi prioritas pertama Mendagri Tito Karnavian

Jakarta, IDN Times – Baru dua hari dilantik, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi Papua untuk menangani berbagai persoalan yang terjadi di sana. Terutama untuk mengawal dan memastikan terjaganya stabilitas keamanan dalam negeri di daerah Papua, yang saat ini menjadi prioritas Tito.

Tito diketahui ke Papua bersama Panglima TNI dan Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri. Hal itu disampaikan Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum yang juga Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar.

Menurutnya, Tito bergegas menuju Papua usai menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka dan rapat internal di Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/10) kemarin.

“Betul, Pak Menteri sudah bertolak ke Papua bersama Panglima TNI dan Plt Kapolri, dan akan mendampingi kunker (kunjungan kerja) Presiden,” jelas Bahtiar dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10).

Baca Juga: Tanpa Seragam dan Bintang Emas, 7 Potret Tito Karnavian Jadi Mendagri

1. Papua menjadi prioritas pertama Mendagri Tito

2 Hari Dilantik, Mendagri Tito Tiba di Papua untuk Dampingi JokowiMendagri Tito Karnavian tiba di Papua (Puspen Kemendagri)

Menurut Bahtiar, saat ini Papua menjadi prioritas pertama Mendagri Tito, dalam mengawal dan memastikan terjaganya stabilitas keamanan. Apalagi sebelum menjabat Mendagri, Tito juga diketahui pernah melaksanakan operasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menangani konflik di Papua.

"Dan tentunya otomatis sudah paham kondisi di lapangan yang pada saat ini Beliau juga mendampingi kunjungan kerja Bapak Presiden Jokowi ke Papua,” ujarnya.

Bahtiar mengatakan, Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang tentunya jika stabilitas politik dan keamanan di Papua terganggu, akan berpengaruh bagi stabilitas politik dan keamanan nasional.

“Hal tersebut sejalan dengan komitmen Mendagri Tito Karnavian untuk menjaga stabilitas politik dalam negeri, sebagaimana diutarakan saat menyampaikan arahannya di hadapan jajaran Apartur Sipil Negara (ASN) Kemendagri dan BNPP sebelum keberangkatannya ke Papua,” katanya.

2. Kemendagri bina dan awasi Pemerintah Daerah sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014

2 Hari Dilantik, Mendagri Tito Tiba di Papua untuk Dampingi JokowiANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bahtiar melanjutkan, Kemendagri melakukan pembinaan dan pengawasan kepada Pemerintah Daerah sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang membuat Kemendagri memiliki peran strategis untuk menjamin stabilitas politik dalam negeri.

“Tanpa stabilitas politik dalam negeri, pembangunan di berbagai sektor tak akan berjalan dengan baik. Pasalnya, stabilitas politik dan pembangunan akan saling memengaruhi satu sama lain dan berdampak pada sisi keamanan,” ungkap Bahtiar.

3. Dampingi kunker Presiden Jokowi di Papua

2 Hari Dilantik, Mendagri Tito Tiba di Papua untuk Dampingi JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bahtiar menambahkan, selain menjaga stabilitas politik dan keamanan di Papua, Tito yang bertolak ke Papua usai dua hari dilantik itu untuk menemani kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo di Kota Jayapura. Jokowi diagendakan ke Papua, Sabtu (26/10) besok.

“Presiden dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Holtekam dan bertemu dengan para tokoh masyarakat,” ucap Bahtiar.

Baca Juga: Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Ingatkan Tito Karnavian Masalah Ini

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya