Upacara Pemakaman Selesai, Makam Habibie Diserbu Masyarakat

Masyarakat berfoto di tempat peristirahatan terakhir Habibie

Jakarta, IDN Times - Upacara pemakanan Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) telah selesai. Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan seluruh tokoh-tokoh negara pun langsung meninggalkan lokasi pemakaman.

Masyarakat yang sedari awal melihat prosesi pemakaman pun langsung menyerbu makam Habibie. Mereka turut mengambil momen dan berfoto dengan tempat peristirahtan terakhir Habibie tersebut.

"Ayo sudah-sudah, gantian," ujar salah seorang warga yang tengah mengabadikan momen itu.

Upacara pemakaman dimulai sekitar pukul 13.30 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB. Selain Jokowi, upacara pemakaman ini juga dihadiri para mantan presiden dan wakil presiden, mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, Tri Sutrisno, Budiono, Jusuf Kalla, hingga istri mantan presiden Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Diketahui, Presiden BJ Habibie wafat di usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto. Habibie diketahui mengalami masalah jantung saat dilarikan ke ICU RSPAD pada 2 September lalu. Habibie dimakamkan tepat disamping makam sang istri, Ainun Habibie.

Baca Juga: Anies: Sebelum Era Habibie yang Mengkritik Akan Ditangkap

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya