Survei Barometer: Publik Lebih Puas Kinerja JK Ketimbang Ma'ruf Amin

Prabowo jadi menteri terpopuler dan kinerja terbaik

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Indo Barometer merilis hasil survei 100 hari pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Beberapa hal dibahas dalam survei ini, khususnya tingkat kepuasan terhadap kinerja dua pimpinan negara tersebut.

Di antaranya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yang dibandingkan dengan Wapres Jusuf Kalla pada periode pertama pemerintahan Jokowi. Berikut hasil survei selengkapnya.

1. Masyarakat lebih puas dengan kinerja Jusuf Kalla ketimbang Ma'ruf Amin

Survei Barometer: Publik Lebih Puas Kinerja JK Ketimbang Ma'ruf AminWakil Presiden RI Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Tingkat kepuasan publik terhadap kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin mencapai 49,6 persen. Sedangkan yang tidak puas, ada 37,5 persen.

"Untuk perbandingan, dalam survei Maret 2015, publik yang puas dengan kerja Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) 53,3 persen. Sementara yang tidak puas 38,8 persen," kata Qodari, Jakarta, Minggu (16/2).

2. Sebanyak 70,1 persen masyarakat puas dengan kinerja Jokowi

Survei Barometer: Publik Lebih Puas Kinerja JK Ketimbang Ma'ruf Amin(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Maruf, sebanyak 70,1 persen publik merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Sedangkan yang tidak puas, 27,4 persen.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, hasil tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan survei Maret 2015.

"Di mana kepuasan publik terhadap kinerja presiden Jokowi sebesar 57,5 persen. Sementara yang tidak puas pada saat itu 37,5 persen," ujar Qodari dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Senin (17/2).

3. Prabowo jadi menteri yang terpopuler dan berkinerja terbaik

Survei Barometer: Publik Lebih Puas Kinerja JK Ketimbang Ma'ruf AminKunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Turki (Dok. Humas Kemenhan)

Indo Barometer turut merilis hasil survei mengenai kinerja menteri. Berdasarkan hasil survei, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi pembantu Jokowi-Amin paling populer di mata masyarakat ketimbang yang lainnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini unggul dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Prabowo juga menjadi menteri terpopuler dengan 18,4 persen, disusul Sri Mulyani 10,6 persen, Erick Thohir 8,2 persen, Mahfud MD 7,9 persen, dan Nadiem sebesar 5,3 persen.

Tak hanya itu, Prabowo juga disebut sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Bahkan, persentase kinerja Prabowo jauh mengungguli Sri Mulyani dan Erick Thohir. Prabowo mendapat 26, 8 persen, Sri Mulyani 13,9 persen, Erick Thohir 12,6 persen, Mahfud MD 7,3 persen, dan Nadiem 5,2 persen.

"Alasannya kerja bagus, hasil kerjanya sudah terlihat, orangnya tegas, sudah berpengalaman. Kalau di breakdown, hasil kerja kelihatan di dalamnya ke Sri Mulyani, Erick Thohir, Prabowo. Tegas dominan Prabowo, sudah berpengalaman Sri Mulyani, Prabowo, Mahfud MD," kata Qodari.

4. Survei dilakukan pada Januari 2020

Survei Barometer: Publik Lebih Puas Kinerja JK Ketimbang Ma'ruf AminDirektur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari (IDN Times/Gali Persiana)

Survei yang dilakukan pada 9 hingga 15 Januari 2020 ini digelar di 34 provinsi dengan jumlah sampel 1.200 responden, dan margin of error atau tingkat kesalahan sebesar 2.83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden survei adalah warga yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Baca Juga: Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri dengan Kinerja Paling Bagus 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya