Comscore Tracker

Polri Nonaktifkan Polisi Pengirim Miras ke Mahasiswa Papua di Bandung

Tindakan Kompol Sarce adalah inisiatif sendiri 

Jakarta, IDN Times - Dua kardus minuman keras dikirim ke Asrama Mahasiswa Papua di Kota Bandung pada Kamis (22/8) kemarin. Belakangan diketahui, pengirim adalah Kompol Sarce Christianty, seorang anggota Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat.

Lantas, bagaimana Korps Bhayangkara menilai peristiwa itu ?

1. Kompol Sarce dinonaktifkan dari jabatannya

Polri Nonaktifkan Polisi Pengirim Miras ke Mahasiswa Papua di BandungIDN Times/Galih Persiana

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum Divisi Humas) Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra mengungkapkan, polisi wanita (Polwan) itu saat ini sudah dinonaktifkan.

"Yang bersangkutan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Propam dan saat ini sudah dinonaktifkan ya, jabatannya," ungkap Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (23/8).

Baca Juga: Alasan Polisi Bandung Beri Miras pada Mahasiswa Papua

2. Ikatan emosional Sarce dengan mahasiswa Papua

Polri Nonaktifkan Polisi Pengirim Miras ke Mahasiswa Papua di BandungANTARA FOTO/Novrian Arbi

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan peristiwa pengiriman dua kardus miras bermerek Topi Koboi tersebut merupakan inisiatif dari Sarce. Sang polwan, yang sama-sama merupakan perantau, dinilai punya hubungan emosional dengan mahasiswa Papua di Bandung.

“Kompol Sarce ada kesamaan rantauan dari (Indonesia) timur, jadi punya hubungan emosional yang sudah dibangun sejak saudari Sarce dinas di Jawa Barat, tepatnya di Bandung,” tutur Trunoyudi, kepada wartawan di Markas Polda Jabar, Kota Bandung, Jumat (23/8).

“Jadi, kami ingin menyampaikan bahwa ini adalah bersifat pribadi. Hubungan emosional saudari Sarce pada warga Papua," sambungnya.

3. Warga Papua dijamin aman di Kota Bandung

Polri Nonaktifkan Polisi Pengirim Miras ke Mahasiswa Papua di BandungIDN Times/Galih Persiana

Polda Jabar, kata Trunoyudo, kembali memastikan bahwa tindakan Sarce, kemarin, merupakan inisiatif pribadi. Pasalnya, Polda Jabar sendiri justru berkomitmen untuk menjamin keamanan para mahasiswa Papua dan Papua Barat.

“Artinya, agar kita di Jawa Barat ini guyub. Kita bersatu,” tuturnya.

Baca Juga: Kronologi Insiden Pengiriman 2 Kardus Miras ke Mahasiswa Papua

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You