Comscore Tracker

IPW: Dari Jumlah Gaji, Polisi Seharusnya Gak Bisa Hidup Mewah

Jika ada yang pamer hidup mewah, duitnya dari mana?

Jakarta, IDN Times - Polri mengeluarkan aturan agar anggotanya hidup dalam kesederhanaan. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengungkap, banyak anggota polisi yang bergaji bahkan di bawah upah minimum provinsi atau UMP.

"Dengan gaji yang diterima anggota Polri dari negara baik jajaran bawah maupun jajaran atas, seharusnya mereka tidak bisa hidup mewah," kata Neta dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Senin (18/11).

Adapun aturan internal Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR), tentang peraturan kode etik profesi Polri dan kepemilikan barang mewah anggota dan pegawai negeri Polri.

Baca Juga: Dilarang Pamer Barang Mewah, Berapa Sih Gaji Polisi?

1. Ada sejumlah anggota Polri hidup mewah itu menimbulkan pertanyaan, uangnya dari mana?

IPW: Dari Jumlah Gaji, Polisi Seharusnya Gak Bisa Hidup Mewahpolri.go.id

Kenyataan di lapangan, kata Neta, sejumlah anggota polri yang bergaya hidup mewah bak selebriti. Mereka menggunakan mobil, pakaian, sepatu, arloji dengan merek ternama.

Ia mencontohkan, dalam kasus bom Thamrin pada 14 Januari 206 lalu, ada sejumlah polisi yang memakai sepatu bermerek (branded) saat sedang tembak-menembak dengan teroris. Melihat kenyataan gaya hidup sejumlah anggota Polri seperti itu, publik pun dinilai Neta patut berpikiran negatif kepada anggota Polri.

"Pertanyaannya, apakah gaji mereka cukup untuk membeli sepatu branded tersebut? Padahal gajinya di bawah UMP atau di bawah upah buruh pabrik," ungkap Neta.

''Jika gajinya saja masih di bawah UMP, bagaimana para anggota polisi itu mau hidup mewah dan pamer kekayaan, terutama di medsos?" sambungnya.

2. IPW menduga, ada keresahan di internal Polri

IPW: Dari Jumlah Gaji, Polisi Seharusnya Gak Bisa Hidup MewahIlustrasi uang rupiah - IDN Times/Helmi Shemi

Neta menilai, aturan tersebut terbit justru menunjukkan adanya keresahan di internal Polri, terhadap gaya hidup yang tidak wajar dari sebagian besar anggotanya.

"Selain itu, ada rasa malu yang berkembang di internal Polri terhadap sorotan dan kecaman masyarakat," ungkapnya.

3. Siapa saja anggota polisi yang pamer kekayaan harus diungkap

IPW: Dari Jumlah Gaji, Polisi Seharusnya Gak Bisa Hidup MewahIDN Times/Arief Rahmat

Neta pun menyambut positif penerbitan aturan soal gaya hidup anggota kepolisian melalui Surat Telegram Rahasia (TR) dengan Nomor : ST/30/XI/HUM.3.4./2019/DIVPROPAM tanggal 15 November 2019 itu. TR ini ditandatangani oleh Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri, Irjen Pol, Listyo Sigit Prabowo.

Meski begitu, dia meminta Propam Polri untuk mengungkap siapa saja anggota Polri, yang tidak bergaya hidup sederhana dan selalu memamerkan kekayaannya.

Neta menuturkan, pihaknya juga banyak memantau anggota Polri khususnya para istri Jenderal, yang suka memamerkan kekayaannya.

"Pertanyaannya, jika TR hidup sederhana itu tidak dipatuhi, apa sanksinya? Beranikah TR itu menindak istri-istri Jenderal yang kerap bergaya hidup glamor dengan barang-barang branded berharga super mahal?" tutur Neta.

4. Berikut enam aturan mengenai pola hidup sederhana anggota Polri

IPW: Dari Jumlah Gaji, Polisi Seharusnya Gak Bisa Hidup MewahANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
  1. Tidak menunjukkan, memakai dan memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari, baik di kedinasan maupun di ruang publik.
  2. Hidup sederhana di lingkungan internal Polri maupun kehidupan bermasyarakat.
  3. Tidak mengunggah foto dan video pada media sosial yang menunjukkan gaya hidup hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.
  4. Menyesuaikan norma hukum, kepatutan, kepantasan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.
  5. Menggunakan atribut Polri yang sesuai untuk penyamarataan.
  6. Para pimpinan, kasatwil dan perwira diminta memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik, dengan tidak memperlihatkan gaya hidup hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

Topic:

  • Irwan Idris
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya