Polisi Diminta Sederhana, IPW: Sudah Seharusnya Gak Bisa Hidup Mewah

Polri diminta ungkap anggotanya yang suka pamer kekayaan

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerbitkan Surat Telegram Rahasia (TR), tentang peraturan kode etik profesi Polri dan kepemilikan barang mewah anggota dan pegawai negeri Polri.

Menanggapi hal itu, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan, dilihat dari struktur penggajiannya, masih banyak anggota Polri yang memiliki gaji di bawah upah minimum provinsi (UMP) Bekasi.

"Dengan gaji yang diterima anggota Polri dari negara baik jajaran bawah maupun jajaran atas, seharusnya mereka tidak bisa hidup mewah," kata Neta dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Senin (18/11).

Baca Juga: Anggota Polri Dilarang Pamer Gaya Hidup Mewah, Termasuk di Medsos

1. Banyak anggota Polri hidup mewah layaknya selebriti

Polisi Diminta Sederhana, IPW: Sudah Seharusnya Gak Bisa Hidup Mewahpolri.go.id

Neta melanjutkan, banyak anggota polri yang bergaya hidup mewah layaknya selebriti. Mereka menggunakan mobil, pakaian, sepatu, arloji dengan merek ternama.

Ia mencontohkan, dalam kasus bom Thamrin pada 14 Januari 206 lalu, ada sejumlah polisi yang memakai sepatu bermerek (branded) saat sedang tembak-menembak dengan teroris. Melihat kenyataan gaya hidup sejumlah anggota Polri seperti itu, publik pun dinilai Neta patut berpikiran negatif kepada anggota Polri.

"Pertanyaannya, apakah gaji mereka cukup untuk membeli sepatu branded tersebut ? Padahal gajinya di bawah UMP atau di bawah upah buruh pabrik," ungkap Neta.

''Jika gajinya saja masih di bawah UMP, bagaimana para anggota polisi itu mau hidup mewah dan pamer kekayaan, terutama di medsos?" sambungnya.

2. Ada keresahan di internal terkait gaya hidup Polri

Polisi Diminta Sederhana, IPW: Sudah Seharusnya Gak Bisa Hidup MewahIlustrasi uang rupiah - IDN Times/Helmi Shemi

Neta mengungkapkan, dikeluarkannya aturan tersebut, menunjukkan adanya keresahan di internal Polri, terhadap gaya hidup yang tidak wajar dari sebagian besar anggotanya.

"Selain itu, ada rasa malu yang berkembang di internal Polri terhadap sorotan dan kecaman masyarakat," ungkapnya.

3. Propam Polri harus mengungkap siapa saja anggotanya yang pamer kekayaan

Polisi Diminta Sederhana, IPW: Sudah Seharusnya Gak Bisa Hidup MewahIDN Times/Arief Rahmat

Surat Telegram Rahasia (TR) dengan Nomor : ST/30/XI/HUM.3.4./2019/DIVPROPAM tanggal 15 November 2019 itu, ditandatangani oleh Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri, Irjen Pol, Listyo Sigit Prabowo.

Dikeluarkannya TR tersebut, kata Neta, merupakan hal yang positif. Meski begitu, dia meminta Propam Polri untuk mengungkap siapa saja anggota Polri, yang tidak bergaya hidup sederhana dan selalu memamerkan kekayaannya.

Neta menuturkan, pihaknya juga banyak memantau anggota Polri khususnya para istri Jenderal, yang suka memamerkan kekayaannya.

"Pertanyaannya, jika TR hidup sederhana itu tidak dipatuhi, apa sanksinya? Beranikah TR itu menindak istri-istri Jenderal yang kerap bergaya hidup glamor dengan barang-barang branded berharga super mahal?" tutur Neta.

4. Berikut enam aturan mengenai pola hidup sederhana anggota Polri

Polisi Diminta Sederhana, IPW: Sudah Seharusnya Gak Bisa Hidup MewahANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
  1. Tidak menunjukkan, memakai dan memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari, baik di kedinasan maupun di ruang publik.
  2. Hidup sederhana di lingkungan internal Polri maupun kehidupan bermasyarakat.
  3. Tidak mengunggah foto dan video pada media sosial yang menunjukkan gaya hidup hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.
  4. Menyesuaikan norma hukum, kepatutan, kepantasan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.
  5. Menggunakan atribut Polri yang sesuai untuk penyamarataan.
  6. Para pimpinan, kasatwil dan perwira diminta memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik, dengan tidak memperlihatkan gaya hidup hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

Baca Juga: Anggota Polri Dilarang Bergaya Hidup Mewah, Berapa Gaji Polisi?

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya