Comscore Tracker

Kapolda Metro Dukung Pangdam Jaya Copot Baliho Rizieq Shihab

Pemasangan baliho harus ada izin dan bayar pajak

Jakarta, IDN Times - Panglima Komando Daerah Jayakarta atau Pangdam Jaya, Mayjend TNI Dudung Abdurachman, memerintahkan pencopotan baliho bergambar pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Sikap tegas yang ditunjukkan Pangdam Jaya didukung Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadil Imran. "Saya dukung yang dilakukan oleh Pangdam Jaya. Karena pasti tujuannya baik untuk republik ini, untuk negara ini," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020).

1. Baliho Rizieq Shibab tidak memiliki izin dan tidak membayar pajak

Kapolda Metro Dukung Pangdam Jaya Copot Baliho Rizieq ShihabBendera Bergambar Rizieq Shihab saat Aksi Bela Muslim Uighur (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Fadil mengatakan pemasangan baliho bergambar Rizieq Shihab telah melanggar peraturan daerah (Perda) DKI Jakarta. Sebab harus ada izin serta membayar pajak.

"Itu yang saya katakan dengan pencegahan keras preventif strike. Semua langkah-langkah, upaya-upaya untuk menimbulkan kerumunan akan kami intervensi dari dini," ujar mantan Kapolda Jawa Timur ini.

Baca Juga: Sindir Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Prihatin Ada Habib Ucapannya Kotor

2. Pangdam Jaya perintahkan pencopotan baliho Rizieq Shihab

Kapolda Metro Dukung Pangdam Jaya Copot Baliho Rizieq ShihabPoster pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Beberapa waktu lalu beredar viral video orang berbaju loreng layaknya TNI menurunkan spanduk atau baliho bergambar Rizieq Shihab. Dudung mengatakan dirinya yang memerintahkan penurunan baliho tersebut.

"Kalau masang baliho sudah jelas ada aturannya. Ada bayar pajak dan tempat ditentukan. Jangan seenaknya sendiri, seakan-akan dia paling benar. Gak ada itu. Jangan coba-coba pokoknya. Kalau perlu FPI bubarkan saja itu. Bubarkan saja," tegas dia usai apel pasukan di Monas, Jakarta Pusat hari ini.

Dudung memastikan akan membersihkan semua baliho yang dinilai tidak sesuai aturan itu. Ia mengingatkan TNI tidak segan menindak tegas.

"Jangan merasa mewakili umat Islam. Banyak umat Islam yang berkata, berucap dan bertingkah laku baik," kata Dudung.

3. Dudung ancam pengganggu persatuan di Jakarta

Kapolda Metro Dukung Pangdam Jaya Copot Baliho Rizieq ShihabPanglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Dudung Abdurachman (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Pasukan TNI sempat berpatroli di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Dudung menuturkan, kegiatan itu adalah patroli rutin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya panglimanya, jangan coba-coba mengganggu persatuan dan kesatuan yang ada di Jakarta. Kalau mencoba mengganggu, akan saya hajar nanti," tuturnya.

Baca Juga: Baliho Rizieq Shihab dan FPI Dicopot, Pangdam Jaya: Itu Perintah Saya

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya