Comscore Tracker

Jelang Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Gak Pulang Kampung

Kalau terpaksa ke luar kota, sebaiknya tes PCR dulu

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah menetapkan 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. Masa itu akan jadi libur panjang sebab 31 Oktober dan 1 November merupakan akhir pekan.

Jelang libur panjang, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau masyarakat di zona merah COVID-19 tidak meninggalkan daerahnya. Dalam artian, tidak berlibur ke luar daerah atau pulang kampung.

"Kita sambil beres-beres rumah, sambil memberes lingkungan karena akan menghadapi berdasarkan prediksi BMKG itu kemungkinan adanya gangguan hidrometeorologi. Banjir, longsor, sudah terjadi di beberapa daerah," kata Tito di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020).

1. Jika terpaksa ke luar kota, diimbau melakuan PCR test

Jelang Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Gak Pulang KampungIlustrasi tes usap atau PCR Test. IDN Times/Irfan Fathurohman

Bagi masyarakat yang terpaksa keluar kota, Tito mengatakan mereka sebaiknya menjalani rapid test atau tes PCR dulu. Itu untuk mencegah penularan COVID-19 di lokasi tujuan. 

"Tapi saya mendorong sebaiknya PCR. Kenapa PCR ? Itu lebih akurat daripada rapid test, apalagi rapid test antibodi. Kalau rapid test-nya antigen, mendingan," ucap Tito.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Masih Banyak yang Tidak Percaya COVID-19

2. Kepala daerah diminta membuat sistem pertahanan untuk cegah COVID-19

Jelang Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Gak Pulang KampungMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat memberikan arahan di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (8/7/2020). Humas Pemprov Sulsel

Tito juga menyampaikan agar setiap kepala derah membuat sistem pertahanan guna mencegah penyebaran COVID-19. Contohnya adalah beberapa wilayah saat lebaran. Misalnya dengan membuat kampung tangguh, desa tangguh, RT/RW tangguh, kelurahan tangguh, dan kabupaten tangguh.

"Semua yang mau datang baik keluarga atau tidak, sebaiknya ditanyakan apakah mereka sudah di tes? Positif atau negatif? Ukur mereka bisa menunjukkan suratnya. 'Saya sudah di tes nih negatif, oke masuk'. Kalau belum di tes, ya sebaiknya keluarganya mendorong tes dulu dong sebelum pulang kampung," jelasnya.

3. Mendagri agendakan konferensi video untuk mengantisipasi libur panjang

Jelang Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Gak Pulang KampungMendagri, Tito Karnavian saat launching gerakan 26 juta masker. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tito menyarankan masyarakat tidak kampung. Menurutnya, orang-orang tetap bisa berlibur di tempatnya masing-masing bersama keluarga.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan menggelar rapat bersama untuk mengantisipasi libur panjang.

"Tapi detailnya, besok. Besok detailnya kita akan melakukan video conference dengan seluruh kepala daerah, khusus membahas mengenai masalah antisipasi libur panjang ini," katanya.

Baca Juga: Bertemu Mendagri Singapura, Tito Karnavian Bahas Penanganan COVID-19

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya