[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat Pandemik

Selamat menyambut Lebaran Haji!

Jakarta, IDN Times - Umat Muslim merayakan Idul Adha 1441 Hijriah pada Jumat (31/7/2020) di tengah suasana pandemik. Kendati begitu, pandemik COVID-19 tak mengurangi khusyuknya susana ibadah ritual yang disebut Lebaran Haji itu. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memang mengimbau bagi warga yang tinggal di zona merah, salat Ied sebaiknya dilakukan di rumah saja. Sedangkan, MUI DKI Jakarta mengimbau agar jemaah membawa sajadah sendiri dan telah berwudhu dari rumah. Selain itu selama beribadah, jemaah wajib mengenakan masker. 

"Ini tetap harus dan wajib dilaksanakan. Jadi, ada jarak, wudhu dari rumah, sudah membawa sajadah, memakai masker dan tiba di masjid cuci tangan," kata Ketua MUI DKI Jakarta, Munahar Muchtar dalam webinar pada Rabu, 29 Juli 2020 lalu. 

Penasaran bagaimana potret khidmatnya ibadah salat Ied Adha di berbagai kota di Indonesia?

1. Masjid Raya Bandung menggelar salat Idul Adha secara berjamaah dengan tetap terapkan jaga jarak

[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat PandemikUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Baca Juga: Catat! Ini Protokol Kesehatan Lengkap Kurban Hingga Salat Idul Adha

2. Umat muslim bersiap menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Al Muttahirin, Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat PandemikUmat muslim bersiap menunaikan shalat Idul Adha di masjid Al Muttahirin, Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pras.

3. Jaga jarak diterapkan dalam salat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar

[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat PandemikJemaah Shalat Idul Adha 1440 Hijriah/2020 di Masjid Agung Al Azhar terapkan jaga jarak antar jemaah, Jumat (31/7/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

4. Presiden Jokowi, Ibu Iriana, dan Kaesang Pangarep salat Idul Adha di halaman depan Wisma Bayurini

[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat PandemikPresiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, dan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di halaman depan Wisma Bayurini, kompleks Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat pagi (31/7/2020). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

5. Suasana salat Idul Adha di Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta

[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat PandemikSuasana Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (31/7/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

6. Salat Idul Adha di alun-alun Masjid Raya Bandung

[FOTO] Salat Berjamaah Idul Adha di Berbagai Kota di RI Saat PandemikUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di alun-alun Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Baca Juga: Warga Zona Merah COVID-19 Harus Salat Idul Adha di Rumah, Mengapa? 

Topik:

Berita Terkini Lainnya