Comscore Tracker

Menghitung Gaji Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina

Jabatan komisaris di Pertamina juga mendapat tunjangan lain

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja "Ahok" Purnama mulai bekerja sebagai Komisaris Utama Pertamina mulai Senin (25/11). Kira-kira, berapa pemasukan yang didapat pria yang biasa disapa Ahok itu ya?

Ahok masuk badan usaha milik negara (BUMN) menimbulkan komentar beragam, ada yang mendukung dan sebaliknya ada juga yang menolak. Namun, Menteri BUMN Erick Thohir meminta publik memberikan kesempatan kepada Ahok.

Erick menegaskan, dia butuh sosok pendobrak, seperti Ahok, untuk mencapai target-target di Pertamina.

Hitung-hitung soal gaji, Komut Pertamina menjadi salah satu posisi dengan penerimaan fantastis.

Baca Juga: [BREAKING] Ahok Jadi Komut Pertamina, Erick: Harus Mundur dari PDIP

1. Sedikitnya, Ahok menerima Rp3,06 miliar per bulan

Menghitung Gaji Ahok sebagai Komisaris Utama PertaminaIDN Times/Auriga Agustina

Dikutip dari laporan tahunan Pertamina 2018, kompensasi jajaran direksi dan dewan komisaris yang dibayarkan oleh perseroan senilai US$47,27 juta hingga 31 Desember 2018 atau sekitar Rp661,82 miliar, (asumsi 1 dolar sama dengan  Rp14.000)

Hingga akhir tahun lalu, jumlah direksi dan komisaris Pertamina sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 direksi dan 7 komisaris.

Jika nilai itu dibagi rata, setiap direksi dan komisaris Pertamina menerima sekitar Rp36,76 miliar per tahun. Sedikitnya, Ahok menerima sekitar Rp3,06 miliar per bulan.

Menurut Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-04/MBU/2014 tentang pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN, penghasilan Komisaris Utama/Ketua Dewan Pengawas BUMN setara 45 persen dari gaji Direktur Utama. 

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Komut Pertamina, Ahok Mulai Bekerja Pada Senin Esok

2. Ini fasilitas lain yang didapat oleh Ahok

Menghitung Gaji Ahok sebagai Komisaris Utama PertaminaIDN Times/Auriga

Selain itu, jabatan komisaris di Pertamina akan menerima fasilitas lain, di antaranya tunjangan hari raya, tunjangan transportasi, dan asuransi purna jabatan. Komisaris juga menerima fasilitas kesehatan dan bantuan hukum.

3. Dalam bekerja, Ahok akan didampingi oleh Wakil Menteri BUMN

Menghitung Gaji Ahok sebagai Komisaris Utama PertaminaIDN Times/Dhana Kencana

Sementara, Kementerian BUMN memastikan Ahok mulai bekerja pada Senin (25/11). Dalam bekerja, ia akan didampingi oleh Wakil Menteri BUMN Budi Sadikin yang duduk sebagai wakil komisaris utama. 

Menurut Erick, alasan ia memilih Ahok sebagai komut Pertamina karena ingin mencapai target untuk mengurangi impor migas. Ahok dinilai sebagai sosok yang pas untuk memenuhi misi itu. 

"Saya rasa bagian terpenting Pertamina adalah bagaimana mengurangi impor migas harus tercapai. Ya bukan berarti antiimpor tapi mengurangi, proses-proses pembangunan refinery ini amat sangat berat. Jadi, saya perlu team work yang besar tidak bisa dirut saja," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Jabat Komut Pertamina, Kapan Ahok Mulai Kerja?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya