Pengungsi dari Wamena Asal Sulsel Tiba di Bandara Makassar

Ada pula pengungsi yang berasal dari daerah lain

Makassar, IDN Times - Gelombang pengungsi mulai berdatangan dari Wamena, Papua. Setidaknya, ada 170 orang pengungsi yang tiba di landasan udara Hasanuddin, Rabu (2/10). Mereka tiba dengan menumpang pesawat Hercules milik TNI-AU

Dari jumlah pengungsi itu, sebanyak 50 orang di antaranya merupakan warga asal Sulawesi Selatan. Dari total warga asal Sulsel, di antaranya adalah 34 orang dewasa dan 16 orang anak-anak.

1. Ada juga pengungsi asal Aceh dan Malang

Pengungsi dari Wamena Asal Sulsel Tiba di Bandara MakassarDok. IDN Times/Istimewa

Para pengungsi itu tidak hanya warga asal Sulsel saja melainkan ada juga dari Malang dan Aceh. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, mereka hanya transit di Makassar,untuk selanjutnya akan diantar ke daerahnya masing-masing.

"Ada juga warga Malang dan Aceh. Kita data dan beri makan selanjutnya diberangkatkan lagi," kata Nurdin.

2. Pengungsi dibawa ke Asrama Haji Sudiang

Pengungsi dari Wamena Asal Sulsel Tiba di Bandara MakassarDok. IDN Times/Istimewa

Nurdin Abdullah mengatakan, para pengungsi ini selanjutnya dibawa ke Asrama Haji Sudiang untuk didata dan periksa kesehatan. Untuk itu, Nurdin Abdullah mengaku pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar terkait penanganan pengungsi.

"Kita berharap mudah-mudahan semua eksodus atau pengungsi yang datang bisa kita tangani dengan baik," jelas Nurdin.

Baca Juga: Kapolri Dalami Hoaks yang Picu Kerusuhan Wamena dan Tewaskan 26 Orang

3. Pj Wali Kota Makassar komitmen tangani pengungsi

Pengungsi dari Wamena Asal Sulsel Tiba di Bandara MakassarDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengaku, pihaknya bakal berkomitmen untuk menangani gelombang pengungsi dari Wamena, termasuk menyiapkan Asrama Haji Sudiang untuk menampung seluruh warga dari Wamena.

"Klinik kita sudah siapkan, tentu tidak semuanya harus ditampung di Asrama Haji pasti ada banyak keluarga yang jemput. Nanti kita antar juga. Kita juga sudah menurunkan semua dari Dinsos dan Dinkes," ucap Iqbal.

Menurut Iqbal, gelombang pengungsi masih akan berdatangan. Untuk itu, pihaknya akan terus memantau perkembangan yang terjadi di Wamena.

"Ada tiga Hercules yang digunakan, akan terus datang pengungsi. Besok malam ada yang akan datang menggunakan kapal laut. Kita akan terus pantau perkembangannya," pungkasnya.

Baca Juga: Wagub Jemput Warga Sulsel yang Dievakuasi dari Wamena

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya