Comscore Tracker

Awak Kabin Garuda Sebut Kebijakan Ari Askhara Ini Zalim!

Salah satunya, Ari disebut paksa awak kabin kerja lebih lama

Jakarta, IDN Times - Skandal seputar Ari Askhara tak berhenti hanya pada pemecatan sebagai Dirut Garuda Indonesia. Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) membeberkan sejumlah kebijakan kontroversial Ari kala menjadi pejabat teras maskapai pelat merah itu. 

"Selama ini, kinerja Ari Askhara di Garuda Indonesia selalu kontroversi sehingga merugikan banyak pihak baik perusahaan, anak perusahaan, karyawan hingga masyarakat," ujar Ketua IKAGI Zaenal Muttaqin, saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (6/12).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencopot Ari sebagai dirut pada Kamis (5/12) karena kedapatan menyelundupkan moge Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat Garuda.

Zaenal pun menyebut Ari zalim. "Kenapa zalim? Zalim itu adalah orang yang membuat kesengsaraan orang banyak.  Bagian dari kezaliman, kalau itu selalu meruginkan orang banyak. Sebaiknya orang itu istigfar, dan perbaiki dirinya," kata Zaenal Muttaqin.

Lalu, apa saja kebijakan Ari yang disebut zalim oleh IKAGI? Scroll terus ke bawah guys!

Baca Juga: [BREAKING] Dirut Garuda Dicopot Gara-gara Penyelundupan Harley

1. IKAGI menyebut, Ari memalsukan laporan keuangan Garuda pada 2018. Garuda merugi, tapi diklaim untung

Awak Kabin Garuda Sebut Kebijakan Ari Askhara Ini Zalim!(Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra) IDN Times/Helmi Shemi

Salah satu kebijakan kontroversial yang sudah terungkap ke publik adalah pemalsuan laporan keuangan PT Garuda Indonesia pada 2018.

"Laporan keuangan 2018 yang rugi dibuat menjadi untung," ujar Zaenal.

Pada laporan keuangan PT Garuda 2018, diketahui Garuda mengalami kerugian sebesar Rp2,4 triliun. Padahal, sebelumnya Garuda mengklaim untung mencapai Rp70 miliar. Garuda akhirnya merevisi laporan keuangannya setelah ada pengecekan dari Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

2. Kebijakan Ari yang memaksa awak kabin bekerja lebih lama hingga larangan foto di pesawat

Awak Kabin Garuda Sebut Kebijakan Ari Askhara Ini Zalim!Harley Davidson (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain itu, Zaenal juga mengungkapkan, kebijakan pengalihan rute penerbangan London dan Amsterdam via Denpasar, yang membuat awak kabin kelelahan karena jam kerja menjadi lebih panjang.

"Dari suguhan live music akustik di pesawat, pengalihan rute penerbangan London dan Amsterdam via Denpasar, larangan foto dan video di dalam pesawat, dan sekarang penyelundupan Harley," tutur Zaenal.

3. Semua hal yang dibicarakan Ari Askhara otomatis menjadi kebijakan

Awak Kabin Garuda Sebut Kebijakan Ari Askhara Ini Zalim!Ari Askhara, Dirut Garuda Indonesia (IDN Times/Kevin Handoko)

Saat Ari Askhara menjadi Dirut Garuda, imbuh Zaenal, segala hal yang ia ucapkan otomatis menjadi kebijakan. Hal itu, kata dia, pada akhirnya merugikan banyak pihak. 

"Padahal kebijakan seharusnya melalui pembicaraan dan mendapatkan persetujuan dari para pegawai juga," ujarnya. 

4. Kepolisian diminta usut direksi Garuda yang setipe dengan Ari Askhara

Awak Kabin Garuda Sebut Kebijakan Ari Askhara Ini Zalim!Konferensi Pers IKAGI (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Zaenal meminta pemerintah mengusut tuntas keterlibatan jajaran direksi Garuda yang berupaya melakukan hal seperti Ari Askhara.

"Pencopotan Ari Askhara dari posisi Dirut Garuda Indonesia belum final. Kami meminta pemerintah untuk mengusut tuntas," ujarnya.

Baca Juga: Siapa Fuad Rizal? Plt Dirut Garuda Pengganti Ari Askhara

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You