Comscore Tracker

Pasien di RSPI Jakarta Dipastikan Negatif Virus Corona

Pasien itu sempat dicurigai terkena virus corona

Jakarta, IDN Times -  Seorang pasien yang sebelumnya suspect virus corona dan dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, dipastikan hanya terkena infeksi saluran pernapasan biasa. 

"Negatif (terkena virus corona). Bentar lagi mungkin pulang, sudah boleh pulang," kata Achmad Yurianto, Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Jumat (24/1).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Achmad, pasien tersebut tidak terbukti terkena virus corona.

Baca Juga: Satu Pasien di RSPI Jakarta Suspect Virus Corona

1. Menurut Achmad, pasien itu sudah membaik dan tidak demam lagi

Pasien di RSPI Jakarta Dipastikan Negatif Virus CoronaRumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik menyiagakan 11 ruangan isolasi untuk pasien terjangkit virus corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Achmad mengungkap, informasi tersebut dia dapat langsung dari pihak RSPI Sulianti Saroso. Pihak RSPI juga mengatakan, sang pasien sudah dalam keadaan membaik. Pasien tersebut bahkan sudah bisa pulang dalam waktu dua sampai tiga hari ke depan.

"Ini kondisi sudah bagus, sudah gak demam, makan sudah bagus, semua sudah oke, tinggal menunggu pulih betul terus baru pulang," ujarnya.

Baca Juga: Soal Virus Corona, WHO Sebut Belum Perlu Umumkan Darurat Global

2. Pasien tersebut didiagnosa menderita ISPA

Pasien di RSPI Jakarta Dipastikan Negatif Virus CoronaCoronavirus (Wikipedia/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image Library)

Achmad menjelaskan, RSPI saat ini mendiagnosa pasien tersebut menderita ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut biasa. Sedangkan, virus corona negatif berada di dalam tubuh pasien itu.

"Kita masih tetap karena kemudian gak ketemu itu (corona), kita sebut ISPA. ISPA aja," ujarnya.

3. Semua suspect virus corona yang diketahui sejauh ini, semua negatif

Pasien di RSPI Jakarta Dipastikan Negatif Virus CoronaGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat meninjau thermal scanner di Bandara Juanda, Jumat (24/1). IDN Times/Fitria Madia

Achmad mengatakan dalam dua sampai tiga hari ke depan pasien tersebut sudah bisa pulang. Untuk saat ini, sang pasien masih berada di RSPI Sulianti Saroso.

"Kalau dia mau pulih betul, baru mau pulang ya monggo. Kalau yang di Denpasar juga negatif semua tiga-tiganya, sebanarnya sudah boleh pulang. Sudah boleh pulang tetapi belum pulang," tutur Achmad.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Belum Ada Pasien Positif Virus Corona di Indonesia

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya