Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Dipastikan Negatif

Kemenkes memastikan pasien tersebut menderita ISPA

Jakarta, IDN Times - Pasien suspect virus corona yang dirawat di RSPI Suliati Saroso dipastikan berstatus negatif. Sekertaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto Hal mengatakan berdasarkan pemeriksaan, pasien tersebut tidak terbukti terkena virus corona.

"Negatif, bentar lagi mungkin pulang, sudah boleh pulang," ujarnya kepada wartawan, Jumat (24/1).

1. Achmad dihubungi oleh pihak RSPI Saroso melalui sambungan telepon

Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Dipastikan NegatifRumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik menyiagakan 11 ruangan isolasi untuk pasien terjangkit virus corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Achmad mengatakan dia mendapat informasi tersebut melalui sambungan telepon dari pihak RSPI Sulianti Saroso. Pihak RSPI juga mengatakan, sang pasien sudah dalam keadaan membaik. Pasien tersebut bahkan sudah bisa pulang dalam waktu dua sampai tiga hari ke depan.

"Ini kondisi sudah bagus, sudah gak demam, makan sudah bagus, semua sudah oke, tinggal menunggu pulih betul terus baru pulang," ujarnya.

Baca Juga: Soal Virus Corona, WHO Sebut Belum Perlu Umumkan Darurat Global

2. Pasien tersebut didiagnosa menderita ISPA

Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Dipastikan NegatifRumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik menyiagakan 11 ruangan isolasi untuk pasien terjangkit virus corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Achmad menjelaskan, RSPI saat ini mendiagnosa pasien tersebut menderita ISPA. Sedangkan, virus corona negatif berada di dalam tubuh pasien otu.

"Kita masih tetap karena kemudian gak ketemu itu (corona), kita sebut ISPA. ISPA aja," ujarnya.

3. Pasien sudah tidak membutuhkan perawatan

Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Dipastikan NegatifGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat meninjau thermal scanner di Bandara Juanda, Jumat (24/1). IDN Times/Fitria Madia

Achmad mengatakan dalam dua sampai tiga hari ke depan pasien tersebut sudah bisa pulang. Untuk saat ini, sang pasien masih berada di RSPI Sulianti Saroso.

"Dalam 2-3 hari ini pulang, kalau kita sudah tidak membutuhkan perawatan, nanti pasiennya kita suruh pilih mau pulang kapan. Kalo dua mau pulih baru betul mau pulang ya monggo. Kalau yang di Denpasar juga negatif semua tiga-tiganya, sebanarnya sudah boleh pulang. Sudah boleh pulang tetapi belum pulang," tutur Achmad.

Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Dipastikan NegatifIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Belum Ada Pasien Positif Virus Corona di Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya