Comscore Tracker

Menkes: Pandemik di Indonesia Bisa Memburuk Seperti India

Masyarakat dianggap tak ketat menerapkan prokes COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia bisa memburuk seperti yang terjadi di India. Ada tiga hal yang bisa jadi penyebab, salah satunya vakinasi yang masih rendah.

"(Kedua) Prokes sudah lepas semua, kita sudah mulai lupa, tapi belum kayak India. Dia kemarin acara keagamaan yang masuk Sungai Gangga uda puluhan ribuan orang, itu parah," katanya dalam acara Forum Diskusi Bersama Menkes secara virtual, Minggu (18/4/2021).

1. Masyarakat tetap diminta waspada penyebaran virus varian B117

Menkes: Pandemik di Indonesia Bisa Memburuk Seperti IndiaIlustrasi swab test. IDN Times/Bagus F

Lebih lanjut, Budi menyebut hal ketiga yang bisa memperburuk kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia adalah virus corona varian baru B117.

"Selama kita bisa jaga prokes terutama di hari keagamaan gak kumpul-kumpul mudah-mudahan gak sepeti itu, B117 kita masih sedikit, vaksinasi sama lah kita masih rendah," katanya.

Baca Juga: Faskes Lumpuh! India Laporkan 200.000 Kasus Positif COVID dalam Sehari

2. Lonjakan kasus di Eropa dan India karena varian B117

Menkes: Pandemik di Indonesia Bisa Memburuk Seperti IndiaPekerja migran menunggu uji rapid antigen di lokasi pembangunan komplek gedung tempat tinggal ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di New Delhi, India, Sabtu (19/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi)

Budi mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 di Eropa dan Idnia melonjak karena penularan varian virus corona B117 sangat cepat. Budi menekankan agar masyarakat kembali patuh kepada protokol kesehatan, meski kasus harian menurun.

"Naiknya kenapa ini? Satu penyebabnya ini ada varian baru dari Inggris B117 yang memang sudah menjadi varian dominan di negara-negara tersebut, dan varian ini penularannya cepat. Kedua, ini yang saya takutkan udah kena turun (kasus) merasa ya sudah lah back to normal. Ketiga faktor vaksinasi," katanya.

3. India laporkan 200 ribu kasus COVID-19 dalam sehari

Menkes: Pandemik di Indonesia Bisa Memburuk Seperti IndiaWalter Rivera, direktur pasar grosir Coche meneriakkan peraturan untuk mencegah penularan penyakit virus corona (COVID-19) ke penjual dan pembeli di tengah penyebaran penyakit tersebut di Caracas, Venezuela, 23 Juli 2020 (ANTARA FOTO/REUTERS/Manaure Quintero)

Per 15 April 2021, India melaporkan penambahan kasus harian COVID-19 terbanyak dalam sehari, yaitu 200.739 kasus positif. Otoritas kesehatan setempat sedang bergulat dengan kekurangan tempat tidur dan krisis pasokan oksigen yang parah.

Pada hari yang sama, angka kematian harian bertambah 1.038 kasus, dengan total mortalitas mencapai 173.123. Adapun akumulasi kasus positif di negara itu mencapai 14,1 juta, berada satu posisi di bawah Amerika Serikat (AS) dengan 31,4 juta kasus positif.

Baca Juga: [LINIMASA-6] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya