Comscore Tracker

Mahfud MD Pastikan Penindakan KKB di Papua Berdasar UU Terorisme

Mahfud bingung status KKB sebagai teroris diributkan orang

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD memastikan penindakan terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua berdasar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Disebutkan dalam UU itu, setiap orang yang merencanakan, menggerakkan, dan mengorganisasikan terorisme adalah teroris.

"Siapa yang merencanakan dan mengorganisasikan menurut UU Nomor 5 Tahun 2018 adalah mereka yang melakukan tindakan kekerasan dan ancaman kekerasan terhadap masyarakat yang menimbulkan suasana teror," kata Mahfud dalam keterangan pers, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Polri Gunakan UU Terorisme untuk Memberantas KKB di Papua

1. Mahfud sebut pihak yang menimbulkan situasi mengancam tergolong teroris

Mahfud MD Pastikan Penindakan KKB di Papua Berdasar UU TerorismeIDN Times/Axel Joshua Harianja

Mahfud menjelaskan, suasana teror yang dimaksud yaitu menimbulkan ketakutan dan membuat masyarakat merasa tidak aman. Misalnya saja seperti mengancam kantor-kantor atau perorangan, objek vital nasional maupun internasional.

"Itulah terorisme. Bandara dikepung, kalau ada pesawat ditembak. Pesawat datang dibakar, sekolah dibakar, orang dibakar," katanya. 

2. Pemerintah mengaku akan bertindak terukur

Mahfud MD Pastikan Penindakan KKB di Papua Berdasar UU TerorismeIDN Times/Axel Joshua Harianja

Ia menekankan bahwa kelompok-kelompok yang melakukan gerakan yang mengancam situasi keamanan pantas disebut teroris. Untuk mengatasi itu, lanjut Mahfud, pemerintah pun membuat tindakan yang tegas, cepat dan terukur.

"Terukur itu tadi, inpres, pendekatannya kesejahteraan tapi yang kejam itu supaya ditangani," katanya.

3. Mahfud sebut ada 417 orang masuk daftar teroris hari ini

Mahfud MD Pastikan Penindakan KKB di Papua Berdasar UU TerorismeIlustrasi polisi mengamankan barang bukti dari rumah terduga teroris.( ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Mahfud menyampaikan, ia bingung mengapa penetapan KKB sebagai kelompok teroris di Papua diributkan. Ia menjelaskan, setidaknya ada 417 orang yang masuk daftar teroris per hari ini, Senin.

"Dan ada 99 organisasi yg masuk daftar terduga teroris dan organisasi teroris. Ini daftarnya ada putusan pengadilan," kata Mahfud.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan KKB Papua sebagai Kelompok Teroris

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya