Comscore Tracker

Ingatkan Polisi Tidak Tebang Pilih, IPW: Segera Tangkap Ari Askhara

Eks Dirut Garuda menyelundupkan Harley dan sepeda mahal

Jakarta, IDN Times - Kasus penyelundupan Harley Davidson yang diduga melibatkan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, Ari Askhara menimbulkan berbagai kecaman publik, salah satunya dari Independent Police Watch (IPW). Mereka mendesak Polda Metro Jaya segera menangkap dan menahan Ari Askhara.

"Dirut PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) tak cukup hanya dipecat dari jabatannya. Tapi Direskrimsus Polda Metro Jaya juga harus segera menangkap dan menahannya," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Jumat (6/12).

1. IPW meminta polisi jangan tebang pilih dalam membasmi penyelundup

Ingatkan Polisi Tidak Tebang Pilih, IPW: Segera Tangkap Ari AskharaMenteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dikatakan Neta, Polda Metro Jaya jangan sampai menutup mata dan tebang pilih dalam menanggapi kasus-kasus yang melilit pejabat negara.

"Selama ini IPW melihat Direskrimsus sangat agresif memburu dan menangkap para pelaku penyelundupan pakaian bekas dari luar negeri, Para tersangka ditangkap dan langsung ditahan karena merugikan negara miliaran rupiah," tuturnya.

Baca Juga: Di Twitter, IKAGI Garuda Luapkan Rasa Lega Lepas dari Direksi Zalim

2. Neta menilai pihak kepolisian belum melakukan penindakan terhadap Dirut Garuda

Ingatkan Polisi Tidak Tebang Pilih, IPW: Segera Tangkap Ari AskharaMesin Rolls Royce Trent 700 (IDN Times/Kevin Handoko)

Namun, Neta menambahkan, dalam kasus penyelundupan motor mewah Harley Davidson tersebut, Direskrimsus terlihat belum melakukan tindakan apapun. Padahal, Neta melanjutkan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mencopot jabatan Ari Askhara sebagai Dirut Garuda.

"Dalam kasus penyelundupan komponen sepeda motor mewah Harley Davidson yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Direskrimsus belum bergerak dan masih berdiam diri," tegasnya.

3. Neta meminta polisi usut tuntas jaringan penyelundupan jalur udara

Ingatkan Polisi Tidak Tebang Pilih, IPW: Segera Tangkap Ari AskharaHarley Davidson (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Terbongkarnya kasus penyelundupan yang dilakukan Dirut PT Garuda Indonesia, kata Neta, menjadi bukti bahwa kasus serupa bisa terjadi pada maskapai lain. Karena itu, ia meminta agar Polda Metro Jaya mengusut secara serius kasus lain yang serupa. Menurutnya, penyeludupan melalui udara adalah kasus yang sangat sulit untuk disentuh.

"Apakah penyelundupan itu baru pertama kali dilakukan atau sudah berulang kali terjadi tapi tidak terbongkar. Dengan demikian jajaran kepolisian bisa membongkar jaringan penyelundupan," ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Dirut Garuda Dicopot Gara-gara Penyelundupan Harley

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya