Diminta Jadi Politikus Jujur, Ini 3 Pesan Habibie ke Mantan Ajudannya

Pesan nomor dua berat banget

Jakarta, IDN Times - Mantan perwira tinggi TNI AD yang pernah menjadi ajudan Presiden ketiga RI Bacharuddin Yusuf Habibie, Tubagus Hasanuddin, atau yang lebih dikenal TB Hasanuddin, sempat mendapat nasihat dari Habibie. Setelah keluar dari militer pada 2008, pria kelahiran 8 September 1952 ini aktif di dunia politik.

Sebelum gagal dalam Pilkada Jawa Barat 2019, TB Hasanuddin pernah menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI sejak 1 Oktober 2014. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI 2009-2014.

Pada awal kariernya di dunia politik, TB Hasanuddin mengaku sempat meminta doa restu kepada Habibie. Mantan Menteri Riset dan Teknologi itu pun memberikan beberapa pesan kepada politikus PDIP yang berkaitan dengan dunia politik.

"Ketika saya mengundurkan diri dari militer, kemudian berkecimpung di politik, saya ketemu sama Beliau (BJ Habibie), saya mohon doa restu," ujar TB saat ditemui di kediamannya, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

Berikut pesan BJ Habibie kepada TB Hasanuddin mengenai dunia politik:

Baca Juga: Kisah TB Hasanuddin: 8 Buku Catatan Selama Jadi Ajudan Habibie

1. BJ Habibie: Semua partai itu baik

Diminta Jadi Politikus Jujur, Ini 3 Pesan Habibie ke Mantan AjudannyaANTARA FOTO/Aprillio Akbar

TB Hasanuddin menuturkan pesan pertama dari BJ Habibie tentang keputusannya masuk dunia politik, adalah semua partai politik baik.

"Bertemu dengan Beliau, saya mohon doa restu, dan responsnya bagus, semua partai itu baik," ujar dia.

2. TB Hasanuddin diminta menjadi politikus sekaligus negarawan

Diminta Jadi Politikus Jujur, Ini 3 Pesan Habibie ke Mantan AjudannyaRepro Muhammad Sarip/Lasaloka-KSB

Pesan lain dari BJ Habibie adalah TB Hasanuddin diminta menjadi seorang politikus sekaligus negarawan.

"Yang penting, selain sebagai politikus, juga harus sebagai negarawan," ucap lulusan Akmil 1974 itu.

3. TB Hasanuddin juga diminta menjadi politikus yang ikhlas dan jujur

Diminta Jadi Politikus Jujur, Ini 3 Pesan Habibie ke Mantan AjudannyaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Pesan ketiga, agar TB Hasanuddin menjadi politikus yang ikhlas dan jujur. BJ Habibie berpesan seperti itu untuk mengingatkan bahwa politikus harus bekerja demi kepentingan bangsa dan negara.

"Bapak berpesan, jadilah politikus yang ikhlas dan jujur, demi kepentingan bangsa dan negara" ujar perwira TNI dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal itu.

4. Habibie tutup usia pada usia 83 tahun

Diminta Jadi Politikus Jujur, Ini 3 Pesan Habibie ke Mantan AjudannyaIDN Times/Vanny El Rahman

Presiden ketiga RI BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Habibie wafat karena faktor usia dan gagal jantung pada usia 83 tahun.

Sebelum tutup usia, Habibie sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 2 September lalu. Jenazah Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 14.00 WIB, di samping pusara istrinya, Ainun Habibie. Presiden Joko “Jokowi” Widodo memimpin langsung upacara pemakaman jenazah Habibie.

Baca Juga: Jefri Nichol Titip Doa untuk Mendiang BJ Habibie

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya