Comscore Tracker

4 Panduan Berpendapat di Medsos yang Wajib Kamu Ketahui

Jaga etikamu saat berkomunikasi lewat media sosial

Jakarta, IDN Times - Apakah kamu sering membuka media sosial? Atau kamu rajin menyampaikan pendapatmu sana?

Jika iya, sebaiknya kamu perhatikan caramu berpendapat. Ada hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan maupun hindari saat menyampaikan pikiranmu dan mengunggahnya di medsos. Dengan begitu, kamu bisa jauh dari konflik atau masalah di kemudian hari.

Pengamat media sosial, Enda Nasution menjelaskan empat hal penting yang perlu diperhatikan milenial dan Gen  saat berpendapat di medsos. Apa saja itu? 

1. Sensitif secara digital

4 Panduan Berpendapat di Medsos yang Wajib Kamu KetahuiANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic

Kamu yang aktif di media sosial harus sensitifi secara digital. Kamu harus sadar bahwa yang kamu hadapi bukan cuma layar HP atau laptop, melainkan manusia lain di berbagai tempat.

"Kadang-kadang kita sering lupa karena kita cuma berhadapan dengan layar kecil aja, tapi diseberang sana itu sebenarnya ada orang juga yang punya perasaan, mungkin lagi sibuk," ujar Enda kepada IDN Times melalui sambungan telepon, Kamis (18/2/2021).

2. Perhatikan etika saat berkomunikasi melalui medsos

4 Panduan Berpendapat di Medsos yang Wajib Kamu KetahuiIlustrasi Whatsapp (IDN TImes/Paulus Risang)

Enda mengatakan, anak muda saat ini lebih sering menggunakan medsos untuk berkomunikasi. Termasuk kepada guru di sekolah atau dosen di kampus. Tentu itu sangat berbeda apabila dibandingkan dengan jaman dulu, saat orang masih menggunakan surat untuk berkomunikasi untuk urusan formal. 

"Jaman saya ada pelajaran menulis surat, ada etikanya, sekarang kalau mau buat surat sakit gak pakai surat lagi, bisa menyampaikan lewat pesan WhatApps misalnya," katanya.

"Tapi kalau harus mengikuti formalitas seperti surat terlalu kaku, tapi kalau santai apalagi memaksa itu juga gak bijak," tambahnya.

Enda mengatakan hal yang menjadi contoh dari sensitif secara digital adalah sadar bahwa tidak semua orang mengenali kita. Memperkenalkan diri melalui pesan di medsos juga sangat penting.

3. Jangan gunakan medsos di saat kondisi emosional

4 Panduan Berpendapat di Medsos yang Wajib Kamu KetahuiPexels.com/Andrea Piacquadio

Enda menekankan kepada masyarakat agar tidak menggunakan media sosial saat emosional. Sebab kondisi itu bisa bikin orang lupa hal-hal rasional, dan bisa memicu masalah.

"Karena kalau di medsos sering ada gap pada saat orang mengirimkan pesan, dan pada saat orang menerima pesan. Gak selalu sama konteksnya," katanya.

Komunikasi di medsos menghilangkan penilaian dari sisi gesture dan mimik wajah. Hal itulah yang menyebabkan kesalahpahaman di antara berbagai pihak.

"Tanpa kita emosional aja sering kali miss komunikasi karena ada gap itu, apalagi ketika emosional," katanya.

4. Fokus terhadap masalah, bukan hanya pada orang atau pihaknya

4 Panduan Berpendapat di Medsos yang Wajib Kamu KetahuiUnsplash/Katka Pavlickova

Hal selanjutnya yang penting saat berpendapat adalah fokus terhadap masalah yang ingin disampaikan. Enda melihat, sering kali seseorang tidak fokus terhadap masalah yang ingin disampaikan melalui medsos. Cenderung, mereka hanya ingin meluapkan amarah saja.

"Karena kita kesel, tapi apa permasalahan yang kita alami, jadi gak jelas dan tidak tersampaikan," katanya.

"Sampaikan apa yang menjadi keluhan secara lengkap, kapan terjadi, apa yang terjadi, bagaimana terjadi," lanjutnya.

Ia menyayangkan, fokus masyarakat sering kali hanya tertuju pada pihak atau orang yang ingin dikritik. Hal ini lah yang sering menjadi fitnah atau pencemaran nama baik. "Karena kita merasa dilukasi, jadi fokus kita hanya ingin melukai orang itu juga, dari pada mencari solusinya" tuturnya.

Baca Juga: Jokowi: Kebebasan Berpendapat Dijadikan Alasan Menjadi Paling Benar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya