Sulawesi Tenggara Konfirmasi Tiga Kasus Positif COVID-19 Pertama

Ketiganya saat ini dirawat di RS Bahteramas Kendari

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengonfirmasi tiga kasus positif COVID-19 pertama mereka pada hari Kamis (19/3) malam. Hal tersebut diumumkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sultra yakni dr. Laode Rabiul Awal, Sp.B-KBD, dalam keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Sultra.

Menurut dr. Rabiul Awal, ketiga warga Sultra tersebut terus menunjukkan tanda-tanda membaik setelah jalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Bahteramas Kendari, satu-satunya RS rujukan pasien COVID-19 di provinsi tersebut.

1. Ketiga pasien COVID-19 di Sulawesi Tenggara disebut semakin membaik setelah dirawat lebih dari sepekan

Sulawesi Tenggara Konfirmasi Tiga Kasus Positif COVID-19 Pertama(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Septianda Perdana

"Sesuai informasi yang sudah disampaikan oleh juru bicara tingkat nasional, bahwa ada tiga kasus baru Sulawesi Tenggara dan itu betul. Ketiganya saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Bahtermas dalam keadaan baik, bahkan tidak membutuhkan bantuan oksigen sama sekali," ujar dr. Rabiul, seperti dikutip dari laman kantor berita Antara.

Lebih jauh, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra itu turut memberi rincian profil ketiganya. Satu pasien laki-laki berusia 41 tahun, dan dua perempuan masing-masing berumur 32 tahun dan 25 tahun. Ada dua pasien yang sudah masuk ruang isolasi pada tanggal 10 Maret lalu, sedang satu lainnya menyusul pada 11 Maret.

2. Rincian riwayat perjalanan ketiganya baru akan disampaikan pada hari Jumat (20/3)

Sulawesi Tenggara Konfirmasi Tiga Kasus Positif COVID-19 Pertama(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Perihal riwayat perjalanan ketiganya, dr. Rabiul Awal enggan memberi keterangan lebih jauh dengan alasan akan disampaikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, dalam konferensi pers pada hari Jumat (20/3).

"Sebagai jubir saya hanya mengkonfirmasi bahwa tiga kasus benar dan saat ini sedang di ruang isolasi. Saya beri penjelasan cukup sampai bahwa memastikan benar di Sulawesi Tenggara sedang menangani tiga kasus positif Corona atau COVID-19," tukasnya.

Baca Juga: Gubernur Sultra Apresiasi Perekam Video Viral WNA Tiongkok di Kendari

3. Data dari Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara menyebut ada 171 orang yang saat ini masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP)

Sulawesi Tenggara Konfirmasi Tiga Kasus Positif COVID-19 PertamaANTARA FOTO/Jojon

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara sendiri mencatat ada 171 warga Sultra yang masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (COVID-19). Tiga kabupaten dengan jumlah ODP terbanyak adalah Kolaka Utara (52 orang), Konawe (49 orang) dan Kolaka Timur (21 orang).

Dalam sesi jumpa pers pada Kamis (19/3) sore, Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 menyebut jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia telah mencapai 309 orang. DKI Jakarta jadi provinsi dengan pasien terbanyak yakni 210 orang.

Baca Juga: Viral Video TKA dari Tiongkok di Bandara Kendari, Ini Penjelasannya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya