Satgas COVID-19 Sorong Konfirmasi Delapan Orang Berstatus PDP

Lima di antaranya sedang jalani perawatan intensif

Makassar, IDN Times - Dalam konferensi pers pada hari Jumat (20/3), Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, mengonfirmasi ada delapan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19.

Farida Siagian, salah satu dokter dalam Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Sorong, menjelaskan bahwa ada lima orang dari delapan suspect yang sedang dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sorong, salah satu RS rujukan yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

1. Delapan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 di Kota Sorong masih menunggu hasil laboratorium

Satgas COVID-19 Sorong Konfirmasi Delapan Orang Berstatus PDPIlustrasi tenaga medis mengenakan APD untuk menangani pasien virus corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

"Besok kami akan mengirim delapan sampel untuk diperiksa di luar Sorong guna memastikan apakah (seluruh PDP) positif virus Corona," ujar Farida, seperti dikutip dari laman kantor berita Antara. Sementara itu, ada 23 orang lain berstatus Orang Dalam Pemantauan (PDP) ketat tim medis.

Farida turut menjelaskan bahwa pihaknya belum mengonfirmasi pasien berstatus positif atau negatif COVID-19 di ibu kota Papua Barat. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak panik, namun tetap melakukan sejumlah langkah antisipasi.

2. Pemerintah Kota Sorong telah melakukan beberapa langkah antisipasi COVID-19

Satgas COVID-19 Sorong Konfirmasi Delapan Orang Berstatus PDPANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Memberi keterangan terpisah, Rudy R. Laku selaku Juru Bicara Satgas Kota Sorong mengatakan Pemerintah Kota Sorong sudah melakukan beberapa langkah antisipasi penyebaran COVID-19. Mulai dari sosialisasi kepada masyarakat dan dibatasinya kunjungan orang asing.

"Kami juga melakukan sosialisasi di pusat-pusat perbelanjaan seperti mall agar menyiapkan alat dan lakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Corona. Serta melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum seperti Bandara, Pelabuhan dan Kantor sehingga masyarakat diharapkan tidak panik dan terus melakukan langkah-langkah antisipasi," katanya.

3. Bandara Domine Eduard Osok Sorong telah disterilkan dengan penyemprotan disinfektan pada hari Selasa (17/3) kemarin

Satgas COVID-19 Sorong Konfirmasi Delapan Orang Berstatus PDPANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Pemkot Sorong sendiri telah menghentikan aktivitas berkantor ASN sejak Rabu (18/3) kemarin hingga 2 April 2020 mendatang. Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, meminta seluruh ASN untuk bekerja dari rumah.

Selain itu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Sorong pada hari Selasa (17/3) telah melakukan sterilisasi Pelabuhan Laut Sorong dan Bandara Domine Eduard Osok Sorong dengan penyemprotan disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh penumpang serta penyediaan antiseptik bagi para pekerja dan penumpang.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya