Resah Akibat KKB, Warga Kosongkan Empat Kampung di Tembagapura

Ada seribu lebih penduduk yang dievakuasi ke Kota Timika

Makassar, IDN Times - Setelah proses evakuasi warga sejak Jumat (6/3) pekan lalu, sebanyak empat perkampungan di Distrik Tembagapura dipastikan telah kosong. Keempat kampung tersebut yakni Waa, Banti, Optiwak dan Kimbeli. Mereka menyingkir lantaran aktivitas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama dua pekan terakhir.

"Semua penduduk asli Amungme yang tinggal di sana, termasuk warga yang mendulang di Kali Kabur seluruhnya telah diturunkan ke Timika karena situasi di sana tidak nyaman. Dalam kondisi yang tidak nyaman itu, warga tidak bisa bertahan, untuk pergi membeli bahan kebutuhan pokok di Tembagapura saja mereka kesulitan karena situasi yang tidak memungkinkan," tutur Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob seperti dikutip dari laman kantor berita Antara pada hari Kamis (12/3).

1. Ada empat kampung di Distrik Tembagapura yang kini ditinggal penduduknya untuk sementara

Resah Akibat KKB, Warga Kosongkan Empat Kampung di Tembagapura(ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding)

Johannes pun kembali menegaskan bahwa tidak ada penampungan khusus untuk para pengungsi. Ribuan warga yang dievakuasi menuju ibu kota Kabupaten Mimika, langsung menuju ke rumah kerabat masing-masing yang tersebar di sejumlah pemukiman sekitar dan dalam Kota Timika.

Senada dengan Johannes, warga Tembagapura yang saat ini berada Distrik Kuala Kencana menuturkan bahwa nyaris semua penduduk empat kampung telah berada di Timika, termasuk para pendulang yang sehari-harinya bekerja di Kali Kabur.

2. Keamanan jadi alasan para penduduk meminta dievakuasi ke ibu kota Kabupaten Mimika

Resah Akibat KKB, Warga Kosongkan Empat Kampung di TembagapuraANTARA FOTO/Sevianto Pakiding

Semua harta benda dan ternak terpaksa harus ditinggalkan untuk sementara waktu demi keselamatan diri. Berbicara kepada Antara dalam anonimitas, mereka mengaku takut sewaktu-waktu menjadi korban dalam kontak tembak antara aparat keamanan dan kelompok KKB.

Menurut data Dinsos Mimika pada hari Minggu (8/3) silam, ada 1.662 penduduk beberapa kampung di Tembagapura yang dievakuasi. Mereka berangkat menuju Timika menggunakan belasan armada bus milik PT Freeport, disertai pengawalan dari personel gabungan TNI-Polri.

Baca Juga: KKB Tembaki Pos Tentara di Mimika Papua, Satu Prajurit TNI Gugur

3. Para pengungsi dari Tembagapura bakal menerima bantuan logistik dalam waktu dekat ini

Resah Akibat KKB, Warga Kosongkan Empat Kampung di TembagapuraANTARA/Evarianus Supar

Sementara itu, berton-ton bantuan untuk warga Tembagapura yang dievakuasi ke Timika masih berada di gudang kompleks Gereja Kingmi Jemaat Rehobot, Mile 32, Distrik Kuala Kencana. Kepala Bidang Jaminan dan Perlindungan Sosial Dinsos Mimika, Johannis Pattiasana, rupanya masih menunggu daftar warga penerima.

"Setelah bantuan terkumpul semuanya makan akan dibagikan secara merata kepada semua warga empat kampung Distrik Tembagapura yang telah dievakuasi ke Timika. Di titik-titik mana saja warga itu tinggal sementara di Timika, yang paling mengetahuinya yaitu kepala kampung (kepala desa), tokoh agama dan tokoh masyarakat. Mereka akan menyerahkan daftar nama warga masing-masing untuk mendapatkan bantuan," ungkap Johannis.

Baca Juga: Satu Warga Tembagapura Tewas, Diduga Korban KKB

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya