Papua Deteksi Dua Pasien Positif COVID-19 dari Klaster Ijtima Gowa

Jumlah pasien positif di provinsi tersebut menjadi 10 orang

Jayapura, IDN Times - Provinsi Papua mengumumkan dua kasus positif COVID-19 terbaru pada hari Kamis (2/4) kemarin. Keduanya adalah warga Distrik Doyo Baru dan Waibu di Kabupaten Jayapura, yang kini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Yowari, Kota Sentani.

"Keduanya sebelum itu sudah menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun dari hasil pemeriksaan dinyatakan positif," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Jumat (3/4).

Baca Juga: Ada 1.100 Peserta Ijtima Gowa Asal Kaltim Belum Tes Virus Corona

1. Dua kasus positif corona terbaru Papua adalah peserta ijtima Gowa, Sulawesi Selatan

Papua Deteksi Dua Pasien Positif COVID-19 dari Klaster Ijtima GowaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Lebih jauh, Khairul menjelaskan bahwa dua pasien positif terbaru tergabung dalam klaster ijtima di Gowa, Sulawesi Selatan. Dia merupakan peserta kegiatan agama yang sedianya digelar pada pertengahan Maret lalu, namun kemudian batal.

"Pasien 01 diduga terinfeksi saat mengikuti kegiatan keagamaan di Makassar, dan pasien 02 terinfeksi dari saudaranya yang berdomisili Sarmi, yang juga baru pulang ikut kegiatan keagamaan di Makassar," ungkapnya. 

2. 60 orang dalam rombongan asal Kabupaten Jayapura kini dimasukkan dalam daftar ODP

Papua Deteksi Dua Pasien Positif COVID-19 dari Klaster Ijtima GowaIlustrasi petugas medis berada di dalam ruangan Respiratory Intensive Care Unit. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Saat ini, pihak Satgas COVID-19 Kabupaten Jayapura bersama Dinas Kesehatan sedang melacak keberadaan kerabat pasien positif di Kota Sarmi. Selain itu, fokus utama mereka adalah pihak keluarga dekat yang menjadi kontak pertama seluruh pasien positif.

"Namun yang paling utama adalah mereka yang ada dalam satu kegiatan di Makassar itu. Kita segera lacak dan lakukan pengujian atau tes. Selanjutnya kita akan tanyakan sudah bertemu dan kontak dengan siapa saja," lanjut sosok yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura tersebut.

Khairul menyebut rombongan asal Kabupaten Jayapura yang kembali dari kegiatan keagamaan di Gowa mencapai 60 orang. Semuanya sudah masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Kalau yang positif ini datang dari Makassar (pada) 25 Maret ke Sentani, Kabupaten Jayapura. Namun ada yang lebih dulu dan belakangan. Sehingga mereka ini yang akan kita lacak keberadaan semuanya," jelas Khairul.

3. Menurut data pada hari Kamis (2/4), jumlah pasien positif COVID-19 di Provinsi Papua mencapai 10 orang

Papua Deteksi Dua Pasien Positif COVID-19 dari Klaster Ijtima GowaANTARA FOTO/Gusti Tanati

Menyusul temuan kasus positif di Kabupaten Jayapura, Khairul mengimbau masyarakat agar lebih disiplin melakukan physical distancing yakni membatasi aktivitas di luar rumah. 

"Selalu berada di rumah, bekerja, belajar dan beribadah di rumah, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, lalu hindari menyentuh wajah jika tangan belum dicuci," pungkasnya.

Selain dua pasien positif, data Satgas COVID-19 Kabupaten Jayapura per hari Kamis (2/4) menyebutkan bahwa ada 303 warga berstatus ODP dan 10 orang PDP.

Sedangkan menurut data terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat pada Kamis (2/4) pukul 15.40 WIB, saat ini ada 10 pasien positif mengidap virus corona di Provinsi Papua.

Baca Juga: COVID-19 di PPU Kaltim: Tambahan 21 ODP dari Klaster Ijtima Gowa

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya