Kondisi Pasien Kasus 58 COVID-19 di RSUP Kandou Manado Cukup Stabil

Salah satu RS rujukan tersebut turut merawat lima PDP

Makassar, IDN Times - Pasien positif virus corona Kasus 58 yang jalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, Sulawesi Utara, secara umum masih stabil.

Kondisi pasien positif pertama COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara itu disebut terpantau baik. Ini jadi kabar bagus, meski pasien yang bersangkutan diketahui memiliki riwayat penyakit penyerta yang cukup berat seperti ginjal, diabetes melitus serta hipertensi.

1. Kasus 58 di RSUP Kandou Manado sedang menunggu hasil pemeriksaan sampel yang keempat kali

Kondisi Pasien Kasus 58 COVID-19 di RSUP Kandou Manado Cukup StabilANTARA/Karel A. Polakitan

Dilansir oleh kantor berita Antara pada hari Sabtu (21/3) malam, dr. Hanry Takasenseran selaku Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUP Kandou menyebut bahwa ada lima PDP yang saat ini berada di ruang isolasi rumah sakit tersebut, selain merawat Kasus 58. Pengambilan spesimen pun telah dilakukan oleh tim medis. 

"Untuk pasien ini (Kasus 58) sudah diambil sampel keempat dan yang lima lainnya sudah yang kedua," ujar Hanry. Namun, hasil pemeriksaan lab lanjutan untuk Kasus 58 serta lima PDP lainnya rupanya masih belum keluar.

2. Kasus pertama positif Corona di Sulawesi Utara tersebut diumumkan pada pekan lalu

Kondisi Pasien Kasus 58 COVID-19 di RSUP Kandou Manado Cukup Stabil(Ilustrasi) Proses simulasi penanganan Coronavirus virus corona di RS Tugurejo. Dok. Humas Pemprov Jateng

Sebelumnya pada hari Sabtu pekan lalu (14/3), Gubernur Sulawesi Utara yakni Olly Dondokambey mengumumkan kasus positif COVID-19 pertama di wilayahnya setelah dua kali pengambilan spesimen.

Pasien dengan sebutan Kasus 58 tersebut adalah laki-laki berumur 51 tahun dan memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Ia pun telah dirawat di RSUP Kandou sejak tanggal 9 Maret. Dan hasil tracing menunjukkan ada 37 orang yang pernah melakukan kontak dengan Kasus 58.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Kasus Virus Corona di Sulawesi Selatan

3. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah menerbitkan imbauan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19

Kondisi Pasien Kasus 58 COVID-19 di RSUP Kandou Manado Cukup StabilANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Gubernur Olly Dondokambey telah mengeluarkan imbauan pada hari Kamis (19/3) kemarin perihal penanganan penyebaran dan pencegahan penularan wabah COVID-19 melalui surat edaran No. 443.1/20.2177/Sekr.

Dalam surat tersebut, masyarakat Sulawesi Utara diimbau menghindari tempat-tempat keramaian serta menjaga jarak minimal dua meter ketika terpaksa beraktivitas di luar rumah. Masyarakat pun diharap menunda perjalanan ke dalam atau luar negeri dan lebih memperhatikan pola hidup bersih agar terhindar dari virus corona.

Baca Juga: Pemeriksaan Spesimen Corona Zona Sulawesi Dipusatkan di BBLK Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya