KKB Serang Kantor Freeport di Kuala Kencana Timika, Satu WNA Tewas

Pengejaran sedang dilakukan oleh aparat keamanan

Makassar, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilaporkan melakukan aksi penembakan. Mereka menyerang Kantor PT Freeport Indonesia di Kecamatan Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, pada Senin (30/3) siang Waktu Indonesia Timur.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, mengatakan bahwa penembakan tersebut menewaskan seorang WNA asal Selandia Baru bernama Grame Thomas Wall. Grame sendiri adalah seorang pekerja di bagian konstruksi kawasan dataran rendah milik PT Freeport Indonesia.

"Satu korban meninggal dunia berkewarganegaraan Selandia Baru. Rencananya jenazahnya akan diterbangkan ke Selandia Baru pada esok hari," kata AKBP Era Adhinata seperti dikutip dari laman kantor berita Antara.

1. Penembakan di kantor PT Freeport Indonesia Kuala Kencana terjadi pada Senin (30/3) siang

KKB Serang Kantor Freeport di Kuala Kencana Timika, Satu WNA Tewas(Ilustrasi) Pexels.com/Skitterphoto

AKBP Era Adhinata menuturkan bahwa insiden penyerangan ini terjadi pada Senin pukul 14.00 WIT. Sekitar 8 orang anggota KKB memberondong sisi kanan Kantor PT Freeport dengan peluru yang mereka lepas dari arah hutan.

"Pelaku diperkirakan lebih dari delapan orang. Saksi-saksi melihat ada delapan orang membawa senjata api," ungkap AKBP Era Adhinata.

Kapolres juga menduga otak penyerangan Kantor PT Freeport ini adalah kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak. Setelah lakukan penembakan, seluruh anggota KKB melarikan diri ke arah hutan di sekitar Kuala Kencana.

2. Aparat keamanan telah mengevakuasi karyawan dan keluarganya dari kawasan tersebut

KKB Serang Kantor Freeport di Kuala Kencana Timika, Satu WNA TewasANTARA/Evarianus Supar

Juru Bicara PT Freeport Indonesia, Reza Pratama, menyebut korban penembakan di Kuala Kencana mencapai tujuh orang. Rinciannya yakni satu orang meninggal dunia, dan dua korban dengan luka serius sedang menjalani perawatan di RS Tembagapura. Empat orang korban lainnya mengalami cedera ringan dan telah mendapatkan perawatan di lokasi.

"Kami sangat berduka atas kehilangan satu orang rekan karyawan yang meninggal dalam kejadian penembakan di area perkantoran PT Freeport Indonesia, di Kuala Kencana, Timika," ungkap Reza.

Lebih jauh, aparat keamanan pemerintah dan pihak sekuriti perusahaan disebut telah mengevakuasi seluruh karyawan dari kantor dan kawasan yang berada di dekatnya.

Baca Juga: Resah Akibat KKB, Warga Kosongkan Empat Kampung di Tembagapura

3. Pengejaran KKB kini sedang dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Poltri

KKB Serang Kantor Freeport di Kuala Kencana Timika, Satu WNA TewasANTARA/Evarianus Supar

Selepas kejadian tersebut, aparat gabungan TNI-Polri langsung melakukan pengejaran. Beberapa kendaraan berat dikerahkan yakni panzer anoa milik Detasemen Kaveleri Serigala Ceta dan kendaraan taktis barakuda milik Detasemen B Brimob Polda Papua.

"Upaya yang kami lakukan yaitu bersama Satgas Amole memperketat pengamanan di area Kuala Kencana dan terus berkoordinasi dengan semua satuan untuk melakukan pengejaran. Malam ini juga kami akan melakukan razia skala besar di daerah-daerah rawan yang diduga menjadi perlintasan kelompok ini," pungkas AKBP Era Adhinata.

Baca Juga: Satu Warga Tembagapura Tewas, Diduga Korban KKB

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya