[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna Bakti

Mengikuti dari dekat aktivitas RI-2 selama sepekan lebih

Makassar, IDN Times - Pada Minggu (20/10) mendatang, Jusuf Kalla akan melepas jabatan sebagai Wakil Presiden RI. Menjadi RI-2 mendampingi dua Presiden berbeda, jelas menjadi catatan istimewa dalam karier politik pengusaha kondang asal Sulawesi Selatan tersebut yang sudah dimulai sejak pertengahan 1960-an. 

Didampingi sang istri, Mufidah Kalla, negarawan 77 tahun tersebut telah menggelar perpisahan dengan seluruh staf Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) pada Minggu (13/10) kemarin. Masa baktinya yang kedua (2014-2019) memang segera usai, namun bukan berarti Daeng Ucu' serta merta menjauh dari urusan organisasi. Ia masih disibukkan dengan agenda Palang Merah Indonesia, Dewan Masjid Indonesia hingga forum Centrist Asia-Pacific Democratic International.

Kendati sebentar lagi akan masuk masa purna bakti, sosok kelahiran Watampone, 15 Mei 1942 tersebut masih sibuk dengan sejumlah agenda nasional. Mulai dari mengikuti rapat kabinet hingga memberi kuliah umum. Berikut ini galeri padatnya agenda yang dilaksanakan JK selama sepekan lebih (Kamis 3/10 hingga Kamis 10/10).

1. Wakil Presiden Jusuf Kalla sedang berbincang hangat dengan salah seorang Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi (di kursi roda) ketika kunjungan kerja di Pondok Modern Gontor Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (3/10). Wakil Presiden Jusuf Kalla datang ke Ponorogo dalam rangka meresmikan gedung wakaf keluarga Haji Kalla yakni Centre for Islamic Ekonomic Studies dan Menara Masjid Jami' milik Pondok Modern Darussalam Gontor.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Siswowidodo

2. Setelah dari Ponorogo, JK langsung bertolak ke Surabaya, ibu kota Jawa Timur untuk menghadiri pelantikan pengurus wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI), organisasi yang dipimpinnya sejak 2012. Pelantikan pengurus wilayah DMI Jawa Timur periode 2019-2024 tersebut diharapkan dapat mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Moch Asim

3. Pada malam harinya, JK mendampingi Presiden Joko Widodo menyampaikan pendahuluan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10). Sidang Kabinet Paripurna ini menitikberatkan pada pembahasan evaluasi pelaksanaan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2014-2019 dan persiapan implementasi APBN Tahun 2020.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

4. Sebagai bagian dari suksesi, Wakil Presiden Petahanan Jusuf Kalla menyalami sang Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada Jumat (4/10) lalu. Jusuf Kalla mengajak RI-2 periode 2019-2024 tersebut berkeliling di kantor yang sudah dua kali ia tempati tersebut.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Setwapres-Jeri Wongiyanto

5. Wapres Jusuf Kalla didampingi Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyalami tamu undangan saat acara penyerahan bantuan armada pengangkut sampah di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/10). Seremoni ini adalah rangkaian dari kunjungan kerja yang terakhir di Sulsel sebelum masa jabatannya sebagai Wapres berakhir.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Arnas Padda

Baca Juga: Jelang Purna Tugas, PT Taspen Serahkan Uang Pensiun kepada Jusuf Kalla

6. Wapres Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sulteng Longki Djanggola (ketiga kanan) mendengarkan penjelasan Ketua Satgas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi (kanan) ketika meninjau lokasi pembangunan Hunian Tetap (Huntap) di Kelurahan Duyu, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (7/10). Dengan luas 38,6 hektar, nantinya akan berdiri 831 unit Huntap tipe 36 yang akan menjadi tempat tinggal korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi yang terjadi 28 September 2018.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Basri Marzuki

7. Pada Kamis (10/10), Wapres Jusuf Kalla memberi Kuliah Kebangsaan di Universitas Aisyiyah (UNISA), Sleman, DI Yogyakarta. Mengangkat tema "Mendidik Generasi Unggul Cendekia untuk Kemajuan Bangsa", kuliah umum ini juga menjadi rangkaian peringatan milad Unisa ke-28.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

8. Jusuf Kalla memberi keterangan kepada awak media terkait penyerangan terhadap Menkopolhukam Wiranto setelah menjenguk sang kolega di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10). Keduanya sudah menjalin keakraban sejak lama lantaran pernah sama-sama mengisi kabinet mendiang Presiden Abdurrahman Wahid (1999-2001) dan menjadi kader Partai Golkar.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/Galih Pradipta

9. Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) yang membawa Wapres Jusuf Kalla dikawal dua pesawat tempur F16 usai kunjungan kerja dari Yogyakarta menuju Jakarta, Kamis (10/10). Ia menerima penghormatan dan ungkapan terimakasih dari TNI AU jelang purna tugas sebagai RI-2 periode 2014-2019 pada 20 Oktober mendatang.

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiANTARA FOTO/HO-Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto

10. Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi kepada seluruh kru Pelita Air Service, operator pesawat kepresidenan. Apresiasi tersebut diungkapkan JK dalam tulisan tangan di kertas yang telah disediakan anak perusahaan Pertamina tersebut setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta dari Yogyakarta, Kamis (10/10).

[FOTO] Padatnya Agenda Jusuf Kalla Beberapa Hari Jelang Purna BaktiDok. Pertamina

Baca Juga: Bakal Purna Tugas, Ini Sederet Pengabdian Jusuf Kalla untuk Indonesia

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya