Efek COVID-19, HIMPSI Gorontalo Buka Konsultasi Psikologi Online

Demi menekan tingkat stres di masyarakat akibat wabah

Gorontalo, IDN Times - Wabah COVID-19 yang berstatus pandemi membuat banyak warga semakin waspada, apalagi diberlakukannya status siaga oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hal ini membuat warga rentan terhadap gangguan psikis yang kian khawatir akan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut, kendati hingga saat ini Gorontalo belum terdapat kasus positif COVID-19.

Melihat kemungkinan warga Gorontalo yang cemas, panik dan khawatir akan paparan wabah COVID-19, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Gorontalo berinisiatif membuka jasa layanan konsultasi psikologi online tanpa dipungut biaya kepada masyarakat Gorontalo.

Ketua HIMPSI Gorontalo, Sukma Nurilawati Botutihe, mengatakan dibukanya layanan konsultasi ini berdasarkan inisiatif dan instruksi HIMPSI Pusat atas adanya indikasi kecemasan warga lantaran berita-berita COVID-19 yang terus menyebar dan berpotensi memicu stres.

"Untuk itu HIMPSI merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu, yaitu membantu masyarakat melalui konseling gratis dan pemberian informasi edukasi," kata Sukma saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (28/3).

Layanan konsultasi tersebut itu juga dibuka oleh HIMPSI pusat di beberapa wilayah Indonesia. Khusus di Gorontalo, layanan konsultasi online ini telah dibuka sejak hari jumat (27/3) lalu.

1. Warga bisa langsung menanyakan keluhan via WhatsApp

Efek COVID-19, HIMPSI Gorontalo Buka Konsultasi Psikologi OnlineDok. HIMPSI Gorontalo

Sementara itu Person In Charge (PIC) tim pelayanan konsultasi HIMPSI Gorontalo, Diah Agustantia Uloli, menuturkan pelayanan yang dibuka oleh HIMPSI ini seharusnya dilakukan dengan cara tatap muka. Namun kondisi saat ini yang tidak memungkinkan sehingga konsultasi diberlakukan secara online.

"Seharusnya memang kalau untuk konsultasi itu kita lakukan tatap muka tapi karena wabah ini sehingga kita memakai layanan online," ujar Diah yang juga anggota HIMPSI bidang pendidikan berkelanjutan dan pelatihan psikologi.

Pelayanan tersebut kata Diah dibuka khusus untuk konsultasi COVID-19 saja. Masyarakat yang khawatir dan harap-harap cemas dapat langsung menghubungi administrator layanan melalui aplikasi layanan pesan WhatsApp. Setelah klien melaporkan keluhan, admin segera melakukan koordinasi dan mengarahkan klien kepada psikolog yang berkompeten dalam melakukan proses konsultasi.

"Teknisnya masyarakat nanti menghubungi nomor WhatsApp yang sudah kami publish di flyer. Setelah itu admin akan meneruskan ke masing-masing konsuler yang bertugas di hari tertentu,” kata Diah.

2. Tiga tim petugas konselor siap melayani warga yang akan melakukan konsultasi setiap harinya

Efek COVID-19, HIMPSI Gorontalo Buka Konsultasi Psikologi OnlinePexels.com/cottonbro

Ia menjelaskan bahwa dalam layanan konsultasi online ini, klien akan dilayani oleh tiga tim konselor setiap harinya. Setelah proses konsultasi dilakukan bersama tim konselor, admin akan segera melaporkan hasil konsultasi ke psikolog yang menangani.

"Nah, setiap hari itu ada tiga tim konselor yang bertugas. Jadi admin setiap kali menerima satu konsultasi dari klien akan diteruskan kepada psikolognya atau konselornya," tutur Diah.

Ia juga menyebutkan saat ini tenaga konseling sejumlah 13 orang, gabungan dari psikolog dan tenaga relawan yang berkompeten dan memiliki kapasitas menangani masalah psikologi.

Diah mengungkapkan sejauh ini konsultasi yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo soal COVID-19 masih belum terindikasi trauma psikis mendalam. Namun jika gangguan psikis klien dirasakan cukup parah, maka pihaknya akan melakukan tindakan dalam sesi lanjutan.

"Biasanya untuk pemeriksaan tatap muka ada sesi asesmen, setelah dilakukan asesmen kemudian nanti psikolognya yang melihat jika dibutuhkan pemeriksaan menggunakan alat psikologi maka akan dilakukan. Kemudian langkah yang selanjutnya dilakukan sesi intervensi," urai Diah.

Baca Juga: Darurat COVID-19, MUI Gorontalo Imbau Warga Salat di Rumah Saja

3. Layanan akan dilakukan lebih lanjut jika gangguan psikis klien semakin parah

Efek COVID-19, HIMPSI Gorontalo Buka Konsultasi Psikologi OnlinePixabay

Namun kata Diah, pemeriksaan lebih lanjut akan bergantung kepada pemeriksaan oleh psikolog yang menangani. Jika tim konselor merasa butuh untuk melakukan sesi lanjutan maka klien yang bersangkutan akan langsung dihubungi.

"Kita akan berusaha (menangani sesi lanjutan) seperti itu. apa yang biasa kita lakukan, kita terapkan seperti tatap muka kita akan lakukan juga di sesi konseling ini. Cuman seperti itu, kita akan melihat hasil asesmen dari konselornya atau psikolognya," ungkapnya.

Untuk mengurangi gangguan psikis, Diah merekomendasikan masyarakat agar tidak terlalu banyak membaca kabar COVID-19 serta tetap mengikuti imbauan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Masyarakat juga direkomendasikan lebih banyak berkegiatan bersama keluarga atau melakoni aktivitas lain di rumah.

"Kalau bisa dalam sehari mengurangi penggunaan media sosial untuk membaca tentang COVID-19. Agar tidak semakin menimbulkan perasaan cemas, perasaan takut yang berlebihan memanfaatkan waktu di rumah untuk berkegiatan dengan keluarga," tutur Diah.

Petugas layanan konsultasi HIMPSI Gorontalo melayani klien pada setiap hari senin hingga jumat dan dibuka pukul 10.00 sampai 16.00 WITA. Pelayanan ini juga akan dilakukan hingga wabah COVID-19 dinyatakan berakhir.

Laporan : Elias untuk IDN Times

Baca Juga: Gugus Tugas COVID-19 Gorontalo Terima Logistik Medis dari Kemenkes RI

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya