BPTP Sulteng Bagikan Disinfektan dan Hand Sanitizer untuk Jurnalis

Bentuk dukungan atas upaya memberantas hoaks yang meresahkan

Palu, IDN Times - Jurnalis jadi salah satu bagian tak terpisahkan dari penanganan wabah virus corona saat ini. Setiap hari, informasi tentang perkembangan di masing-masing daerah diwartakan. Mulai dari perjuangan tim medis, kebijakan pemerintah daerah hingga perkembangan terkini jumlah pasien positif/ODP/PDP.

Tak disadari mereka turut serta dalam garda depan untuk mengabarkan fakta yang akurat, meski berisiko ikut tertular. Sebagai bentuk dukungan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah mendonasikan disinfektan dan hand sanitizer ke Posko Jurnalis Peliput COVID-19 Sulteng di Kota Palu.

1. Sebagai bentuk dukungan kepada jurnalis untuk bendung berita bohong tentang wabah virus corona di Sulawesi Tengah

BPTP Sulteng Bagikan Disinfektan dan Hand Sanitizer untuk JurnalisANTARA FOTO/Basri Marzuki

"Olehnya itu kami hanya dapat memberikan dukungan dengan kemampuan di bidang kami, yaitu berdonasi berupa desinfektan dan hand sanitizer bagi rekan-rekan jurnalis yang selalu aktif dan bersedia memberikan informasi yang akurat bagi masyarakat," ujar Kepala BPTP Sulteng, Fery F. Munier, pada hari Jumat (3/4).

Fery menyebut bahwa ini adalah bentuk dukungan BPTP Sulteng kepada jurnalis sebagai unsur yang secara pro-aktif mengabarkan perkembangan coronavirus secara faktual. Para jurnalis pula yang membendung hoaks yang mulai marak dan meresahkan masyarakat.

"Yang mana, informasi itu dapat menjadi acuan terhadap masyarakat, serta salah sat uupaya untuk membendung berita hoaks yang kian marak beredar di Sulteng," sambung Fery.

2. Kolaborasi antara jurnalis dan Pemerintah Provinsi Sulteng diharapkan melahirkan informasi akurat

BPTP Sulteng Bagikan Disinfektan dan Hand Sanitizer untuk JurnalisMuhammad Faiz Syafar untuk IDN Times

Donasi dua benda yang paling dicari di seluruh dunia saat ini, ujar Fery, diharapkan minimal menjadi bekal para jurnalis agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan posko. Terlebih, kebersihan masing-masing jurnalis di Sulteng.

Lebih jauh, Ferry turut berharap agar para jurnalis yang tergabung dalam posko tersebut selalu memberi informasi yang akurat, serta dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Informasi dan berita dari para jurnalis, saya pikir sangat membantu dan dapat memberikan penjelasan yang pasti dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Baca Juga: Satu Warga Palu Sulawesi Tengah Positif Terinfeksi Virus Corona

3. Posko Jurnalis Liputan Covid-19 Sulteng berlokasi di Rumah Jurnalis Sulteng, Kota Palu

BPTP Sulteng Bagikan Disinfektan dan Hand Sanitizer untuk JurnalisMuhammad Faiz Syafar untuk IDN Times

Koordinator Posko Jurnalis Liputan COVID-19 Sulawesi Tengah yakni Rahman Odi, mengucapkan terima kasih kepada BPTP Sulteng yang memberi dukungan kepada awak media lewat donasi desinfentan dan hand sanitizer.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi teman-teman jurnalis agar tetap aman dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik di tengah pandemi COVID-19 ini," ungkap jurnalis NET TV sekaligus ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulteng itu.

Posko Jurnalis Liputan COVID-19 Sulteng dibentuk oleh tiga organisasi profesi jurnalis yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulteng dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Palu. Posko tersebut berada di Rumah Jurnalis Sulteng di Jalan Ahmad Yani, Kota Palu.

Laporan : Muhammad Faiz Syafar untuk IDN Times

Baca Juga: Satu PDP Corona di RSU Anutapura Palu Sulawesi Tengah Meninggal Dunia

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya