Air Mata Iringi Pemakaman Prajurit TNI yang Gugur di Mimika Papua

Serka La Ongge tinggalkan istri dan tiga orang anak

Makassar, IDN Times - Jenazah Sersan Kepala (Anumerta) La Ongge, anggota Koramil 1710-05 di Distrik Jila, Kabupaten Mimika, telah dikebumikan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Oputa Yi Koo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Rabu (11/3) siang.

Upacara pemakaman yang dihadiri istri dan ketiga anak almarhum berlangsung penuh haru. Isak tangis sanak keluarga mengiringi proses mendiang dikebumikan di liang lahat. Sebelumnya, upacara pemberangkatan dilakukan di kediaman Serka La Ongge, yang berada di Perumahan Betoambari Permai, Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari.

1. Di mata keluarga, mendiang Serka La Ongge adalah sosok penyayang yang rajin ibadah

Air Mata Iringi Pemakaman Prajurit TNI yang Gugur di Mimika PapuaANTARA/Azis Senong

Menurut paman La Ongge, La Andu, mendiang disebut sebagai sosok dengan sifat penyayang serta rajin ibadah. Menurut informasi, mendiang meregang nyawa akibat perkoset amunisi pada Senin (9/3) pagi saat baru selesai berwudu sebelum menunaikan salat subuh.

"Rencana Almarhum tahun ini akan pulang Lebaran di sini," ungkap La Andu selepas upacara pemakaman sang keponakan pada Rabu (11/3) siang, seperti dilansir oleh laman kantor berita Antara.

2. Isak tangis sang anak menyambut jenazah saat tiba di Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Selasa (10/3) petang

Air Mata Iringi Pemakaman Prajurit TNI yang Gugur di Mimika PapuaANTARA FOTO/Yusran

Jenazah Serka La Ongge sendiri sudah tiba di Baubau pada Selasa (10/3) pukul 17.20 WITA di Bandara Betoambari, menggunakan pesawat maskapai Wings Air jenis ATR. Mendiang diantar menuju kediamannya menggunakan ambulans milik otoritas bandara, lalu disemayamkan untuk penghormatan terakhir selama satu malam. 

Prosesi penjemputan jenazah mendiang dihadiri oleh Wali Kota Baubau yakni S. Tamrin, Kepala Staf Kodim 1413 Buton Mayor Inf Gidion Skoda bersama sejumlah anggota, beberapa pejabat dan anggota Polres Baubau serta Sub Detasemen Polisi Militer (Subdenpom) Baubau.

Baca Juga: Satu Warga Tembagapura Tewas, Diduga Korban KKB

3. Mendiang Serka (Anumerta) La Ongge menjadi korban penembakan di Distrik Jila, Kabupaten Mimika, pada Senin (9/3) pagi

Air Mata Iringi Pemakaman Prajurit TNI yang Gugur di Mimika Papua(Ilustrasi) Pexels.com/Maurício Mascaro

Menurut Letnan Kolonel Inf Pio L. Nainggolan selaku Komandan Kodim 1710/Mimika, insiden penembakan La Ongge disebut terjadi pada Senin pagi pukul 5.00 WIT di Pos Pengamanan Daerah Rawan (Pos Pahramwan) Distrik Jila, 77 kilometer dari ibu kota Kabupaten Mimika yakni Timika.

Satu peluru pantul (rekoset) mengenai telinga kiri bawah La Ongge. Bantuan helikopter bantuan pun sempat diminta, namun cuaca buruk membuat helikopter milik Pusat Penerbangan TNI AD baru bisa berangkat dari Timika pada pukul 9.20 WIT.

"Sekitar pukul 10.50 WIT korban tiba di RSUD Mimika. Lima menit kemudian dokter menyatakan bahwa prajurit kami sudah meninggal dunia," tutur Nainggolan. Gugur dalam tugas, pangkat La Ongge dinaikkan secara anumerta dari Sesan Satu ke Sersan Kepala.

Baca Juga: KKB Tembaki Pos Tentara di Mimika Papua, Satu Prajurit TNI Gugur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya