Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Ini

Hanya butuh waktu beberapa menit saja

Dengan keseharianmu yang berada di depan laptop berjam-jam, tentu saja kamu harus mengkhawatirkan kesehatan matamu. Menatap layar terus menerus membuat mata lelah dan mengurangi kualitas penglihatan. Dinamakan digital eye strain, jurnal dari NCBI menyebutkan jika hal ini diderita oleh 50 persen lebih pengguna komputer.

Sebenarnya masalah mata akibat komputer ini bisa diatasi dengan cara beristirahat sejenak dari layar komputer. Lebih dari itu, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti memijat dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa latihan untuk melatih matamu agar tetap sehat, yang bisa kamu lakukan setelah bangun tidur, di tengah hari, maupun sebelum tidur.

1. Memijat dengan telapak tangan

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Inijenniferwilsonlifecoach.com

Gosokkan telapak tanganmu hingga terasa hangat lalu letakkan dengan perlahan menutupi kedua kelopak mata. Lakukan dua atau tiga kali.

2. Mengedipkan mata

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Iniazcentral.com

Sering kali kita lupa berkedip karena terfokus pada menatap layar. Karena itu, cobalah berhenti menatap layar dan kedipkan mata 10 sampai 15 kali.

Tutup mata selama 20 detik dan kembali lakukan hal yang sama. Ulangi hingga empat sampai lima kali.

3. Zooming

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Inithesun.ie

Layaknya kamera, kamu mencoba untuk fokus kepada objek yang jauh. Dengan melatih matamu untuk terus fokus, penglihatanmu bisa menjadi tajam. Caranya paling mudah adalah fokus kepada satu jempol, dekatkan ke mata dan perlahan-lahan jauhkan dari mata tanpa mengalihkan perhatian dan ulangi lagi.

4. Memutar bola mata

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Iniirishmirror.ie

Secara mudahnya kamu cukup memutar bola matamu searah jarum jam kurang lebih selama lima hingga 10 detik. Lakukan sebaliknya pula. Ini akan otot mata lebih aktif dan pembuluh darah di area tersebut menjadi lancar.

Baca Juga: 10 Buah-buahan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Mata

5. Melirik ke samping

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Iniverywellmind.com

Konsepnya sama seperti memutar bola mata, tetapi kamu cukup menggerakkannya ke samping kiri dan kanan. Lakukan sekitar lima hingga 10 kali.

6. Memejamkan mata

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Inidailymail.co.uk

Latihan paling mudah yang bisa kamu lakukan. Memejamkan mata membuat otot mata berelaksasi. Hal ini bagus dilakukan sebagai pendinginan mata yang lelah atau tegang.

7. Angka delapan imajiner

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Inidribbble.com

Bayangkan di depan matamu ada angka delapan yang besar. Dengan matamu, kamu coba mengikuti garis angka delapan tersebut tanpa menggerakkan kepalamu. Lakukan hal ini selama lima kali.

8. Di tengah hari, ikuti peraturan 20-20-20

Jimin BTS Senam Mata saat Bangun Tidur, Coba 8 Gerakan Ininvisioncenters.com

Mudahnya adalah mengistirahatkan mata selama 20 detik tiap 20 menit dengan menatap objek sejauh 20 kaki (enam meter).

Melatih mata tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Yang diperlukan hanyalah kemauan untuk meluangkan waktu untuk berlatih. Beberapa saran lebih untuk melatih matamu adalah mengompres matamu dengan air hangat.

Baca Juga: 8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Topik:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya