Survei CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul dengan 56,1 Persen

Selisihnya dengan Prabowo-Sandi cukup besar, 24,4 persen

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis survei elektabilitas kedua pasang calon presiden-wakil presiden, Minggu (10/2). Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih unggul dengan persentase 56,1 persen, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya 31,7 persen. Sedangkan sisanya, 12,2 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

Direktur Eksekutif CRC Herman Heizer pada IDN Times menyebutkan, jumlah sampel yang disurvei sebanyak 1.200 responden dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional, dengan toleransi kesalahan dugaan di bawah 3 persen dan selang kepercayaan 95 persen. 

“Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung, 23-31 Januari lalu. Ketika responden secara spontan ditanya siapa pasangan yang akan dipilih seandainya pilpres hari ini dilakukan, sebanyak 56,1 persen  akan memilih Jokowi-Ma’ruf, 31,7 persen memilih Prabowo-Sandi, dan sisanya tidak menjawab atau belum tahu,” ujar Herman. 

1. Mayoritas responden memilih karena prestasi capresnya

Survei CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul dengan 56,1 PersenCRC

Menurut Herman, ada beragam alasan responden mau menentukan pilihan capresnya. Namun, mayoritas responden yang disurvei akan memilih capresnya karena kinerja dan prestasinya, dibandingkan dengan program capres yang dijanjikan dalam kampanye. Selain itu, ada juga yang beralasan akan memilih capres yang lebih merakyat, membawa harapan yang lebih baik dan ketegasan kandidat. 

“Survei membuktikan, lebih banyak yang memilih capres karena prestasi atau kinerja yang sudah dilakukan, dengan angka 21,1 persen, selain itu ada beberapa alasan lain, seperti menawarkan harapan baru 14,5 persen, bersih dari korupsi 1,9 persen dan representasi ulama atau mewakili agama tertentu di bawah 1 persen,” ujar Herman.

2. Lebih 50 persen responden mengharapkan perbaikan ekonomi bangsa

Survei CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul dengan 56,1 PersenANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Herman menyebutkan, sebanyak 51,5 persen responden berharap perekonomian Indonesia makin membaik setelah Pilpres. Sedangkan, yang menginginkan lapangan kerja baru hanya 14,2 persen, pengentasan kemiskinan 5,5 persen, situasi keamanan 5,3 persen dan Indonesia bebas dari korupsi sebanyak 3,8 persen.  

“Yang mengharapkan perbaikan di sektor pendidikan 2,1 persen dan layanan kesehatan hanya 1,1 persen, supremasi hukum dan berpenampilan menarik juga hanya 1 persen,” kata Herman

3. Prabowo-Sandi hanya unggul di pulau Sumatera

Survei CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul dengan 56,1 PersenANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jika diklasifikasikan per wilayah pulau, kata Herman, elektabilitas pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandi hanya unggul di wilayah pulau Sumatera, dengan angka 44,8 persen. Sedangkan, elekstabilitas Jokowi-Maruf 37,6 persen.

Di pulau-pulau lainnya, seperti pulau Jawa Jokowi-Ma’ruf unggul 57,2 persen, Prabowo-Sandi hanya 30,5 persen, di pulau Kalimantan: Jokowi-Ma’ruf 61,7 persen, Prabowo-Sandi 18,3 persen, pulau Sulawesi: Jokowi-Ma’ruf 60 persen, Prabowo-Sandi 33,8 persen, Maluku: Jokowi-Ma’ruf 60 persen, Prabowo-Sandi 40 persen dan Papua, Jokowi-Ma’ruf menang telak dengan angka elektabilitas 86,7 persen dan Prabowo-Sandi hanya 6,7 persen.

Baca Juga: Survei CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Dominan di Sulsel

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You