Pengusaha Sulsel Relawan Jokowi Targetkan 70 Persen Suara Millennial

Sejauh ini, Jokowi unggul tipis

Makassar, IDN Times - Relawan Pengusaha Nasional (Repnas) untuk Joko Widodo-Ma’ruf Amin Sulawesi Selatan (Sulsel) berjuang merebut 70 persen suara kelompok usia millennial di Sulsel. Kelompok usia millennial berkisar usia 17 hingga 38 tahun. 

Ketua Harian Repnas Sulsel Fadli Ananda menyebutkan, untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Sulsel Repnas Sulsel menggalang relawan millennial untuk turun langsung menyapa  masyarakat, mengajak untuk memilih capres Jokowi-Ma’ruf. 

“Kita targetkan 70 persen kelompok millennial di Sulsel akan memilih Jokowi-Ma’ruf, kita akan memanggil semua relawan millenial turun ke masyarakat menjelaskan kelebihan calon kita dan keberhasilan pemerintahan Jokowi 5 tahun ini,” ujar Fadli usai diskusi Millenial Bersatu di Black Canyon Coffee, jalan Hertasning, Makassar, Rabu (20/2). 

Dalam acara Millennial Bersatu, Repnas Sulsel menghadirkan tokoh-tokoh inspirasi kaum millenial seperti Presiden McLaren Club Indonesia Ahmad Sahroni, pilot wanita Athira Farina dan pengusaha muda bidang fashion Sidiq Pradipta. Termasuk pula putra Cawapres Ma’ruf Amin, Ahmad Syauqi. 

1. Repnas Sulsel akan berjuang bersama Relawan Millennial Ketuk Pintu

Pengusaha Sulsel Relawan Jokowi Targetkan 70 Persen Suara MillennialIDN Times/Abdurrahman

Kelompok relawan Repnas yang didominasi kalangan pengusaha muda ini akan berjuang bersama Relawan Millennial Ketuk Pintu yang akan dideklarasikan secara nasional awal Maret mendatang di Jakarta. 

“Kami bersama relawan-relawan Millenial Ketuk Pintu akan turun ke daerah masing-masing untuk mengajak masyarakat memilih Jokowi-Ma’ruf, bersama agen-agen millenial seperti Selegram dan Influencer media sosial,” ujar Fadli yang berprofesi dokter spesialis obgyn ini.

2. Suara millennial dan non millennial bersaing ketat

Pengusaha Sulsel Relawan Jokowi Targetkan 70 Persen Suara MillennialIDN Times/Abdurrahman

Ketua Umum Repnas Sulsel Herman Heizer mengakui, meskipun sudah merebut hati mayoritas kaum millennial nasional, namun jika dibandingan dengan suara non millennial yang cenderung memilih pasangan Prabowo-Sandiaga Uno masih cukup tinggi.

Herman yang juga Direktur Eksekutif Celebes Research Center menyebutkan perbandingan suara millennial, Jokowi-Ma’ruf 51 persen, Prabowo-Sandi 40 persen. Sedangkan, kelompok non millennial Jokowi-Ma’ruf 29 persen dan Prabowo-Sandi 58 persen. 

“Kalau dianalisis memang masih menang, namun jika dibandingkan dengan suara non millennial, membuat kami harus berjuang lebih maksimal lagi, hasil ini kita jadikan cambuk untuk memenangkan Jokowi, kita akan yakinkan millennial bahwa Jokowi Capres terbaik dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di luar,” pungkas Herman. 

3. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Sulsel unggul tipis dari Prabowo-Sandi

Pengusaha Sulsel Relawan Jokowi Targetkan 70 Persen Suara MillennialIDN Times/Abdurrahman

Berdasarkan hasil rilis survei Celebes Research Center (CRC) tingkat elektabilitas calon presiden dan wakil presiden di Sulsel, pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo - Ma’ruf Amin meraih tingkat keterpilihan tertinggi, dengan elektabilitas 46 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno meraih elektabilitas 41,9 persen. Responden yang belum menentukan sikap sekitar 12 persen. 

Baca Juga: Dukung Jokowi Atau Prabowo, Ini Alasan Millennial Suarakan Pilihannya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya