Pengiriman 12 Kg Sabu ke Sulsel Digagalkan Polisi

Pengiriman menggunakan jalur laut

Makassar, IDN Times - Anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Timur mengamankan dua tersangka pengedar narkotika jenis Sabu, seberat 12 kilogram di sebuah rumah di jalan Tanjung Berukang, kelurahan Sepatin, kecamatan Anggana, kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kedua tersangka bernama Solikin (32) dan Syamsul (37), dicokok petugas akhir Januari ini berkat informasi masyarakat di sekitar rumah tersangka yang mencurigai gerak-geriknya. Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Kombes Dicky Sondani, dalam rilisnya, Rabu (6/2), menyebutkan berdasarkan hasil koordinasi dengan Polda Kaltim, diketahui paket 12 kg sabu tersebut akan dikirim ke Sulsel melalui jalur laut. 

1. Paket sabu sebentar lagi diantar ke Sulsel

Pengiriman 12 Kg Sabu ke Sulsel Digagalkan PolisiPolda Sulsel

Dicky menuturkan, kedua tersangka diketahui sebentar lagi akan membawa paket 12 kg sabu yang terdiri dari 12 kemasan dalam satu tas, ke Sulsel menggunakan kapal laut komersil dari Kalimantan Timur menuju pelabuhan Parepare dan Makassar, Sulsel. Beruntung keduanya yang diketahui warga Sulsel tertangkap anggota Polda Kaltim.

“Salah satu tersangka bertindak sebagai kurir yang akan membawa paket sabu yang sudah dikemas sebanyak 12 bungkus plastik tujuan Parepare dan Makassar,” ujar Dicky.

2. Paket Sabu berasal dari Cina

Pengiriman 12 Kg Sabu ke Sulsel Digagalkan PolisiIDN Times/Abdurrahman

Dicky menambahkan, paket barang haram tersebut diduga berasal dari Cina, yang dikirim melalui jalur Malaysia dan Kalimantan Timur, sebelum diedarkan ke beberapa kota di Sulawesi. Kasus sebelumnya yang diungkap Polda Sulsel bersama BNN Propinsi Sulsel, paket sabu berasal Kalimantan Timur  melalui jalur kota Parepare, kabupaten Sidrap dan kabupaten Wajo, sebelum masuk ke wilayah kota Makassar. 

“Sabunya dari Cina, transit di Entikong, Malaysia, lalu masuk Kalimantan, setelah itu dikirim lewat jalur laut ke daerah-daerah di Sulawesi,” kata Dicky.

3. Sejak awal tahun 2019 sudah belasan kilogram Sabu di Sulsel yang disita

Pengiriman 12 Kg Sabu ke Sulsel Digagalkan PolisiIDNTimes/Abdurrahman

Sejak awal 2019 ini, setidaknya ada 14 kg sabu yang berhasil diungkap di wilayah Makassar dan sekitarnya. Pengungkapan pertama saat anggota BNN Propinsi Sulsel mengamankan pasangan suami istri dan rekannya di kamar hotel di kabupaten Maros dengan barang bukti 4 kg Sabu, 10 Januari lalu.

Setelah itu, pada 13 Januari, tim Satuan Narkoba Polrestabes Makassar menyita 5 kg sabu dari 2 tersangka, yang salah satu tersangka ditembak mati karena mencoba menyerang petugas. Kasus terakhir pada tanggal 22 Januari, tim gabungan Polda Sulsel dan BNN Sulsel mengamankan sekitar 5 kg sabu dari dua tersangka kurir di Makassar. 

Baca Juga: BNN Gagalkan Penyelundupan 25 Kg Sabu-sabu Jaringan Internasional

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya