Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng Belum Berhasil

Pencarian tim SAR gabungan memasuki hari kelima

Gowa, IDN Times - Hari kelima pencarian Galih Andika (20), pendaki yang hilang di Gunung Bawakaraeng terus dilakukan oleh tim SAR gabungan, Jumat (15/2) kemarin. Galih dilaporkan hilang di sekitar pos 6 Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, sejak hari Minggu (10/2), bersama dua rekannya, Saleh (21) dan Wira (20). Ketiganya merupakan warga Makassar yang mendaki bersama rekannya sejak Jumat pekan lalu (8/2). 

Humas Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar, Hamsidar, yang dihubungi kemarin, menyebutkan bahwa pencarian di hari kelima yang dilakukan 55 anggota tim SAR gabungan belum membuahkan hasil. Beberapa tim SAR yang terlibat di antaranya: Basarnas Makassar, Kodim Gowa, SAR Unhas, SAR UNM, Makassar Rescue, Mapala UMI dan tim SAR umum lainnya. 

1. Tim SAR gabungan dirikan kamp di pos 5 untuk memudahkan pencarian

Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng Belum Berhasildaladventure.blogspot.com

Guna meningkatkan efektivitas pencarian tim SAR mendirikan kamp di pos 5 dengan rencana fokus pencarian di sekitar sungai pos 5 Gunung Bawakaraeng. Beberapa anggota Tim SAR gabungan menginap di pos 5 untuk mempercepat proses pencarian esok harinya. “Besok akan dilakukan penyisiran di dari pos 6 ke pos 5, difokuskan di sekitar sungai Pos 5,” ujar Hamsidar. 

 

Baca Juga: Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Dua Pendaki Ditemukan Selamat

2. Galih terpisah dari rombongannya saat turun dari puncak

Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng Belum BerhasilIDN Times / Istimewa

Galih bersama dua rekannya dilaporkan hilang saat rombongannya yang merupakan kelompok pendaki dari Makassar baru turun dari puncak meninggalkan pos 6 menuju pos 5. Galih terpisah saat rombongannya turun menuju Desa Lembanna di kaki gunung Bawakaraeng, Minggu petang (10/2). Galih baru dilaporkan ke kantor Basarnas Makassar sehari setelah dinyatakan hilang, Senin (11/2). 

3. Awal tahun 2019, kali kedua pendaki dilaporkan hilang di Gunung Bawakaraeng

Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng Belum BerhasilIDN Times / Istimewa

Kasus hilangnya pendaki di Gunung Bawakaraeng di awal tahun 2019 ini merupakan kejadian yang kedua. Sebelum kasus hilangnya Galih, dua remaja dilaporkan hilang, Nur Isma (18) dan Wahyudi Ihsan (17), yang melakukan pendakian dalam momen pergantian tahun.  Beruntung keduanya ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi selamat meskipun mengalami hipotermia di pos 5, Kamis 3 Januari lalu. 

Baca Juga: Kronologi Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Masih Mencari

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya