Comscore Tracker

BNNP Sulsel Sita 4 Kg Sabu dari Pengedar di Maros

Sabu awalnya akan diedarkan pada malam tahun baru

Makassar, IDN Times - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan mengamankan 3 pengedar narkotika dengan barang bukti 4 kilogram sabu di Hotel Grand Mall, Kabupaten Maros, Kamis (10/1) malam pukul 20.00 Wita. 

Kepala BNNP Sulsel Brigjen Idris Kadir, dalam keterangan pers di kantornya  menyebutkan, ketiga tersangka diamankan di kamar 403 Hotel Grand Mall, yakni pasangan suami-istri Takdir (42) dan Samsiah (34) dan Abdul Jalil (45) . 

Paket sabu terdiri 3 bungkus paket 1 kilo, 1 bungkus paket 800 gram dan 4 bungkus paket 50 gram. Selain itu, juga disita 5 unit telepon selular, uang tunai Rp4 juta, 4 buku rekening, 2 buku nikah, 1 timbangan manual, 1 timbangan digital, beberapa lembar kartu ATM, dan struk bukti transfer bank. 

"Kami mendapat info dari masyarakat akan terjadi transaksi paket sabu dari Wajo, setelah dilacak tim menemukan lokasi ketiga tersangka di Hotel Grand Mall,” ungkap Idris.

Baca Juga: BNNP Musnahkan 3345,38 Gram Sabu, Begini Kronologi Pengungkapannya

1. Paket sabu berasal dari Malaysia

BNNP Sulsel Sita 4 Kg Sabu dari Pengedar di MarosIDNTimes/Abdurrahman

Idris menjelaskan, paket sabu siap edar berasal dari Kabupaten Wajo, yang masuk ke wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui jalur laut dari Pelabuhan Parepare yang dibawa dari Nunukan, Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia.

Sebelum diedarkan di Makassar, paket sabu dititip di daerah penyangga seperti Sidrap, Pinrang, dan Wajo. 

2. Paket sabu rencananya akan diedarkan pada malam tahun baru 2019

BNNP Sulsel Sita 4 Kg Sabu dari Pengedar di MarosIDNTimes/Abdurrahman

Idris menduga paket sabu tersebut rencana awalnya akan diedarkan pelaku di Makassar pada malam tahun baru 2019 lalu. Diduga barang haram tersebut akan didistribusikan ke jaringan pengedar di Jalan Tinumbu, Makassar.

"Mungkin pemilik barang takut terjaring karena kami gencar melakukan operasi jelang tahun baru, jadi mereka menunggu waktu yang pas untuk menyalurkan paketnya,” tutur Idris.

3. BNNP Sulsel mengejar pemilik paket

BNNP Sulsel Sita 4 Kg Sabu dari Pengedar di MarosIDNTimes/Abdurrahman

Tim berantas BNNP Sulsel saat ini masih memburu pemilik paket sabu tersebut. Ketiga tersangka sendiri merupakan kurir yang ditangkap saat hendak mengurai paket besar menjadi kemasan siap edar. 

“Kami akan selidiki pemilik paket dari bukti transfer dan sambungan telepon para tersangka, ketiganya merupakan kurir, yang mengaku diupah sekitar Rp1 juta setelah mengantar paket,” pungkas mantan Direskrim Polda Sulsel ini.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Jajaran Polda Jatim Gagalkan 4 Penyelundupan Sabu

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Sunariyah

Just For You