Ada Kampanye Capres, Millennial Road Safety Festival Makassar Ditunda

Bertepatan dengan hari pertama kampanye terbuka pemilu

Makassar, IDN Times - Kegiatan kampanye keselamatan berkendara “Millennial Road Safety Festival” (MRSF) di Makassar, yang merupakan dari rangkaian kegiatan yang diluncurkan Korps Lalu Lintas Mabes Polri,  ditunda hingga Pemilu 2019 selesai. Sedianya  acara itu dilaksanakan pada Minggu 24 Maret 2019 di Anjungan Pantai Losari, Makassar,.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Kombes Pol Agus Wijayanto dalam keterangan pers di Rumah Makan Torani, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (20/3), menyebutkan, puncak kegiatan MRSF untuk wilayah Sulsel ditunda karena  bertepatan dengan hari pertama pelaksanaan kampanye terbuka (Rapat Umum) Pemilu 2019. 

“Kegiatan MRSF di Pantai Losari bersamaan dengan konsentrasi anggota Polri dalam pengamanan Pemilu untuk kampanye terbuka yang dimulai pada 24 Maret hingga 13 April nanti, anggota Polri akan fokus dalam pengamanan kampanye terbuka di Sulsel,” ujar Agus.

Baca Juga: Jelang Kampanye Terbuka, Jokowi Jadikan Sumatera Daerah Prioritas

1. Pelaksanaan puncak kegiatan MRSF di daerah lain ikut tertunda

Ada Kampanye Capres, Millennial Road Safety Festival Makassar DitundaHumas Polda Sulsel

Pelaksanaan MRSF di seluruh wilayah Polres se-Indonesia digagas Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bertujuan memberdayakan kaum millennial untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas guna tercapainya tujuan keamanan berkendara tanpa ada satu pun kecelakaan. 

Selain di Makassar, pelaksanaan puncak kegiatan MRSF di daerah lain juga tertunda, seperti di Polda Metro Jaya, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Kalimantan Utara. Beberapa Polda di daerah lainnya sudah selesai menggelar puncak kegiatannya, yang terdiri senam kolosal, jalan sehat, keselamatan keamanan berkendara dan deklarasi pelopor keselamatan berlalu lintas. 

Baca Juga: Wujudkan Milenial Taat Lalu Lintas, Deklarasi MRSF Digelar

2. Presiden Jokowi hadiri deklarasi MRSF di Palembang

Ada Kampanye Capres, Millennial Road Safety Festival Makassar DitundaSetPres Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah menghadiri deklarasi MRSF 2019 di Jembatan Ampera, Kota Palembang, Sabtu 9 Maret lalu. Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi berbagi tips aman berkendaraan kepada kaum muda atau yang dikenal dengan istilah millennial. 

Tak hanya dari sisi perlengkapan, Presiden juga mengingatkan agar pengendara menyiapkan kelengkapan surat, seperti SIM dan STNK, sebelum berkendara.

"Saya ingin titip, enggak banyak-banyak. Kalau mau berkendaraan tolong dicek betul, pertama lampunya nyala enggak, spionnya harus komplit. Sebelum berkendaraan helm harus siap dan dipakai," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Sengitnya Persaingan Caleg Populer di Dapil Neraka Sulawesi Selatan 

3. Angka kecelakaan lalu lintas di Sulsel diharapkan turun dengan adanya kegiatan MRSF

Ada Kampanye Capres, Millennial Road Safety Festival Makassar DitundaIDN Times/Abdurrahman

Data Ditlantas Polda Sulsel angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Sulsel pada tahun 2018 lalu sebanyak 6.348 kasus, dengan rincian korban meninggal dunia sebanyak 915 orang, luka berat 437 orang dan luka ringan 8.059 orang. Kerugian yang dialami pengendara lebih dari Rp11 miliar. 

Meski demikian jumlah lakalantas tahun 2018 ini  turun dibanding tahun 2017 yang mencapai 7.589 kasus. Diharapkan dengan pelaksanaan MSRF di 24 wilayah Polres se-Sulsel, angka Lakalantas tahun 2019 ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Sengitnya Persaingan Caleg Populer di Dapil Neraka Sulawesi Selatan 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya