Gubernur Gorontalo dan Istri Umumkan Positif COVID-19

Gubernur menjalani isolasi dan tetap beraktivitas virtual

Makassar, IDN Times - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengumumkan dirinya bersama sang istri, Idah Syahidah, positif COVID-19. Kabar itu disampaikan Gubernur melalui siaran langsung di akun Facebook Humas Gorontalo Prov, Jumat (23/7/2021).

Pada siaran tersebut, Rusli mengatakan dia minta dites swab PCR setelah ajudan dan orang dekatnya terpapar virus corona.

"Hasilnya pada Rabu malam hari sekitar pukul 19.30 saya bersama ibu dinyatakan positif,” kata Rusli.

Baca Juga: 5 Tempat Seru untuk Wisata Camping di Gorontalo, Pemandangannya Indah

1. Rusli menyebut dirinya dalam keadaan baik

Gubernur Gorontalo dan Istri Umumkan Positif COVID-19Gubernur Gorontalo Rusli Habibie isolasi mandiri usai dinyatakan positif COVID-19. Dok. Pemprov Gorontalo

Rusli mengatakan, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan kondisi fisiknya sangat baik. Saturasi oksigennya di level 97. Sedangkan hasil CT scan paru-paru menunjukkan keadaan normal.

Rusli diminta untuk isolasi mandiri sambil menunggu sampai hasil tesnya negatif. Sebelumnya dia sempat merasa stres dan agak sulit bernapas.

"Saya ingat pesan gubernur Maluku dan mantan Danrem 133, Pak Arnold untuk menggosok minyak kayu putih ke hidung. Rasanya cukup pedas tapi cukup membantu,” kata dia.

2. Gubernur tetap beraktivitas secara virtual

Gubernur Gorontalo dan Istri Umumkan Positif COVID-19Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Dok. Pemprov Gorontalo

Saat siaran langsung via Facebook, Rusli tengah berendam di kolam renang. Dia mengatakan dirinya mengisi masa isolasi mandiri dengan berolahraga. Selain berenang, dia bersama istri juga aktif menggunakan treadmill di rumah.

Rusli mengingatkan masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19. Terutama memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Dia menyebut dirinya selama ini cukup patuh, meski akhirnya tetap terpapar.

"Pelajaran penting untuk kita semua bahwa virus ini tidak pernah memilih orang," katanya.

Rusli tetap beraktivitas sebagai gubernur, namun secara virtual. Pada Jumat pagi dia mengumpulkan jajarannya  di pemerintahan lewat rapat konferensi video. Dia berharap semua pihak serius menangani pandemik COVID-19 di Gorontalo.

“Gubernur hanya satu orang, wakil gubernur hanya satu orang. Tangan kami tidak sampai ke desa dan dusun. Oleh karena itu, saya minta bupati dan wali kota maksimalkan kepala desa dan camat. Mereka garda terdepan melawan covid-19 di tingkat masyarakat,” kata Rusli dalam arahannya.

3. Sejumlah orang di lingkaran Gubernur lebih dulu dinyatakan positif

Gubernur Gorontalo dan Istri Umumkan Positif COVID-19Ilustrasi Swab Test. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Menurut siaran pers Humas Pemprov Gorontalo, sebelumnya sejumlah orang terdekat Rusli sudah lebih dulu dinyatakan positif COVID-19. Antara lain dua orang ajudan, satu petugas humas, satu dokter pribadi, dan sejumlah pekerja di rumah dinas.\

Semua orang yang terpapar COVID-19 disebut dalam kondisi sehat atau tanpa gejala. Mereka tengah mengikuti isolasi terpusa.

Baca Juga: Ada Sate Tuna, Ini 9 Kuliner Khas Gorontalo yang Terkenal Lezat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya