Cek, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket

Untuk tahap awal berlaku di 500 gerai Indomaret se-Sulsel

Makassar, IDN Times - Badan Pendapatan Daerah Sulawesi Selatan sejak awal Maret 2019, memberlakukan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui minimarket. Untuk tahap awal, sistem ini berlaku pada 500 lebih gerai Indomaret di 24 kabupaten/kota.

Pembayaran via minimarket semakin memanjakan wajib pajak. Sebab sebelumnya, Bapenda Sulsel juga telah memberlakukan berbagai kemudahan seperti melalui ATM, Samsat Keliling, Mobile Banking, dan lainnya.

Namun, sebelum membayar pajak kendaraanmu di minimarket, ada sejumlah hal yang mesti kamu perhatikan lebih dulu. Simak penjelasan berikut:

1. Pasang aplikasi e-Samsat Sulsel di gawaimu

Cek, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan di MinimarketPlay Store

Agar bisa bertransaksi di minimarket, kamu wajib memasang aplikasi e-Samsat Sulsel di gawaimu. Aplikasi ini bisa diunduh gratis pada perangkat Android dan iOS.

“Wajib pajak harus mendownload aplikasi e-Samsat di Playstore atau App Store untuk mendapatkan kode transaksi sebelum ke Indomaret,” kata Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan, Selasa (12/3).

2. Bawa kode bayar ke kasir minimarket

Cek, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan di MinimarketDok.IDN Times/Istimewa

Pada aplikasi e-Samsat Sulsel, wajib pajak diarahkan untuk mengisi data diri kendaraan. Di antaranya area penerbitan STNK, nomor pelat, dan nomor rangka kendaraan. Juga diminta mengisi nomor KTP dan alamat email.

Pengisian data untuk mendapatkan kode bayar, yang dibawa ke Indomaret untuk melunasi pajak kendaraan. Perlihatkan kode bayar kepada kasir, yang akan memberitahukan nominal pajak yang mesti dibayar. Setelah membayar, kasir akan memberikan resi.

Selanjutnya masyarakat diberi waktu dua minggu ke Samsat terdekat untuk mendapatkan bukti pajak dan pengesahan STNK," ucap Denny.

3. Cek nominal pajak kendaraan melalui Twitter atau SMS

Cek, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan di MinimarketIlustrasi Twitter (Pixabay)

Sebelum membayar ke Indomaret, kamu juga bisa lebih dulu mengecek nominal pajak kendaraan melalui gawai. Bapenda Sulsel menawarkan dua cara, yakni melalui layanan Twitter dan SMS.

Di Twitter, kirimkan pesan atau DM kepada akun @SamsatSulsel dengan format, "Sulsel (spasi) nomor kendaraan (spasi) nama kabupaten/kota. Contohnya: Sulsel DD 4646 RI Makassar.

Untuk via SMS, formatnya sama. Kirim pesanmu ke 99250 untuk info rincian pajak kendaraan.

4. Pajak kendaraan pacu pembangunan daerah

Cek, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan di MinimarketANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel Salim AR mengatakan, pajak daerah merupakan sumber pembiayaan utama pembangunan di Sulsel. Pada 2019 pajak daerah, termasuk pajak kendaraan (PKB), ditargetkan sebesar Rp3,6 triliun lebih atau 89 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar Rp 4,133 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak, PKB memberi kontribusi terbesar dengan jumlah Rp1,2 triliun lebih atau 35 persen dari total pajak daerah,” kata Salim.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Minimarket

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya