BMKG: Mamuju Sulbar Diguncang Gempabumi Dangkal M 5,8

Dilaporkan terjadi satu kali gempa susulan

Makassar, IDN Times - Gempabumi mengguncang wilayah Pantai Barat Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022) pukul 13.32 Wita. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa itu memiliki parameter magnitudo M 5,8.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 26 km arah Barat Mamuju. Titik pusat gempa pada kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Bambang lewat keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca Juga: Gempa Mamuju Sulbar Terasa hingga ke Sulawesi Selatan

Baca Juga: Gempa M 5,8 Mamuju: Warga Berhamburan, Trauma Gempa 2021

1. Gempa akibat aktivitas sesar di lepas Pantai Mamuju

BMKG: Mamuju Sulbar Diguncang Gempabumi Dangkal M 5,8Ilustrasi gempa. (IDN Times/Arief Rahmat)

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal. Gempa akibat adanya aktivitas sesar aktif di lepas pantai Mamuju.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip )," ucap Bambang.

2. Gempa dirasakan hingga provinsi tetangga

BMKG: Mamuju Sulbar Diguncang Gempabumi Dangkal M 5,8Ilustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut laporan yang diterima BMKG, gempa berdampak kerusakan sejumlah bangunan di Mamuju dengan skala intensitas V MMI. Pada skala itu, getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun. Di daerah Majene dirasakan dengan skala IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Gempa turut dirasakan di provinsi lain tetangga Sulbar. Di Pinrang, Sulawesi Selatan, gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). Lalu di daerah Palopo dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Demikian juga di Palu, Sulawesi Tengah, dengan skala yang sama.

Getaran dengan skala intensitas II-III MMI turut dirasakan di daerah Paser dan Samarinda, Kalimantan Timur.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Bambang.

3. Terjadi satu kali gempa susulan

BMKG: Mamuju Sulbar Diguncang Gempabumi Dangkal M 5,8Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga pukul 14.25 Wita, menurut hasil monitoring BMKG, terdapat satu aktivitas gempa susulan (aftershock). Gempa susulan berkekuatan Magnitudo 2,8.

BMKG merekomendasikan masyarakat di sekitar lokasi gempa menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Masyarakat diminta memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui saluran komunikasi resmi yang terverifikasi.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," kata Bambang.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 5,8 di Mamuju Sulbar, Tidak Berpotensi Tsunami

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya