96.496 Orang Lulus SNMPTN, Cek Pengumumannya di Sini

Pengumuman bisa diakses mulai Rabu (8/4) siang

Makassar, IDN Times – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengumumkan sebanyak 96.496 siswa dinyatakan lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun 2020. Pengumuman hasil seleksi serta daftar peserta lulus bisa diakses secara daring pada Rabu (8/4) hari ini pukul 14.00 Wita.  

"Peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 86 perguruan tinggi negeri se-Indonesia sebanyak 96.496 siswa," kata Ketua LTMPT Prof Mohammad Nasih yang dikutip Antara dalam konferensi pers daring di Jakarta, Rabu.

Baca Juga: UN 2020 Ditiadakan Gegara Virus Corona, Bagaimana Nasib SNMPTN?

1. Simak cara mengakses pengumumannya, beda dengan tahun lalu

96.496 Orang Lulus SNMPTN, Cek Pengumumannya di SiniKetua LTMPT Mohammad Nasih. unair.ac.id

Nasih mengatakan, penumuman SMPTN bisa diakses dengan membuka laman resmi https://portal.ltmpt.ac.id. Caranya, cukup dengan memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN.

"Mohon diperhatikan betul, karena laman pengumumannya berbeda dengan tahun sebelumnya," katanya saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Selain di laman LTMPT, peserta SNMPTN juga bisa melihat hasil seleksi melalui laman 12 perguruan tinggi negeri.

Ini daftarnya:

Universitas Indonesia (http://snmptn.ui.ac.id)

Institut Teknologi Bandung (http://snmptn.itb.ac.id)

Universitas Gadjah Mada (http://snmptn.ugm.ac.id)

Institut Teknologi Surabaya (http://snmptn.its.ac.id)

Universitas Diponegoro (http://snmptn.undip.ac.id)

Institut Pertanian Bogor (http://snmptn.ipb.ac.id)

Universitas Airlangga (http://snmptn.unair.ac.id)

Universitas Andalas (http://snmptn.unand.ac.id)

Universitas Sriwijaya (http://snmptn.unsri.ac.id)

Universitas Hasanuddin (http://snmptn.unhas.ac.id)

Universitas Tanjungpura (http://snmptn.untan.ac.id)

Universitas Syah Kuala (http://snmptn.unsyiah.ac.id)

2. SNMPTN 2020 diikuti 489 ribu lebih siswa

96.496 Orang Lulus SNMPTN, Cek Pengumumannya di SiniUNBK di SMK N 2 Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Pada tahun 2020, SNMPTN diikuti sebanyak 489.601 siswa dari seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 96.496 orang dinyatakan lulus ke 86 perguruan tinggi negeri yang tersebar di berbagai daerah.

Ada lima kampus dengan jumlah pendaftar terbanyak, yakni berturut-turut: Universitas Brawijaya (30.932 siswa), Universitas Diponegoro (29.316 siswa), Universitas Gadjah Mada (25.604 siswa), Universitas Padjajaran (25.305 siswa), dan Universitas Negeri Semarang (24.581 siswa).

"Kami meminta agar siswa yang tidak lolos kali ini tidak berkecil hati, karena masih ada jalur SBMPTN dan seleksi mandiri," kata Nasih.

3. Peserta lulus SNMPTN belum otomatis diterima di perguruan tinggi tujuan

96.496 Orang Lulus SNMPTN, Cek Pengumumannya di SiniTengara Universitas Indonesia (Rohman Wibowo/IDN Times)

Penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri dilakukan lewat tiga jalur. Selain SNMPTN, dua jalur lain adalah seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri.

SNMPTN menyeleksi siswa berdasarkan nilai akademik dan prestasi kuota, dengan penerimaan minimum 20 persen untuk setiap program studi di perguruan tinggi negeri. Lalu SBMPTN dilakukan berdasarkan nilai ujian tulis berbasis komputer, yang kuota penerimaannya minimum 40 persen untuk setiap program studi di perguruan tinggi negeri.

Sedangkan kuota penerimaan melalui jalur seleksi mandiri maksimum 30 persen untuk setiap program studi di perguruan tinggi negeri.

Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2020 belum berarti langsung diterima di kampus tujuan. Mereka harus hadir pada saat registrasi atau daftar ulang pada waktu dan tempat yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.

Kehadiran calon mahasiswa menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2020 sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri tujuan. Selain itu, peserta lulus yang ditetapkan sebagai penerima manfaat KIP Kuliah juga mesti menjalani proses verifikasi kondisi ekonomi keluarga.

"Siswa yang dinyatakan lulus seleksi harus memperhatikan hal-hal diatas, baru kemudian dinyatakan diterima di PTN," kata Nasih.

Baca Juga: Pendaftaran SNMPTN 2020 Ditutup, 5 Info Ini Penting Kamu Pantau

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya