Comscore Tracker

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumah

Santai bukan berarti kita tidak bisa produktif

Pemerintah di sejumlah daerah serta sejumlah perusahaan telah memutuskan sistem bekerja dan belajar dari rumah. Langkah ini ditempuh sebagai upaya mencegah penularan virus corona COVID-19 meluas.

Meski tak harus ke kantor atau sekolah, kamu mesti tetap menjaga produktivitas. Bukan berarti saat suasana lebih santai, pekerjaan jadi terbengkalai. 

Simak 7 tips agar tetap produktif saat bekerja dan belajar dari rumah berikut ini.

Baca Juga: Jangan Dilakukan, 5 Hal yang Bisa Memperparah Penyebaran Virus Corona

1. Jadwalkan waktu bekerja dan belajar

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumahpixabay.com/JESHOOTS-com

Penting menjadwalkan waktu agar bisa meningkatkan produktivitas. Bekerja atau belajar di rumah bukan berarti kamu bisa melakukan daftar tugas sesuka hati. Tetap bangun pagi agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

 Sebaiknya atur jam kerja atau belajar dan patuhi agar kamu fokus. Kamu bisa mengatur waktu bekerja di luar yang ditetapkan kantor.

Kamu bisa bekerja selama 90 menit kemudian selingi dengan istirahat 10-15 menit. Ingat menyediakan waktu buat makan siang, sekaligus merelaksasi pikiran dan membuatmu kembali fokus.

Hentikan pekerjaan saat waktu bekerja sudah habis dan lakukanlah hal lain! Lama bekerja tak berarti produktivitasmu meningkat.

2. Atur pekerjaan dari yang paling mendesak

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumahpixabay.com/StartupStockPhotos

Menetapkan daftar prioritas membantumu tidak tergesa-gesa menyelesaikan pekerjaan. Sebab kamu tahu apa yang harus dilakukan lebih dulu. Jadi, utamakan yang mendesak dan harus disegerakan, sebelum mengerjakan yang bisa diselesaikan belakangan.

Tips satu ini akan membuatmu lebih tertata dalam melakukan pekerjaan sehingga tidak akan merasa tertekan karena dikejar-kejar deadline.

3. Beri pengertian pada orang di rumah bila kamu harus bekerja

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumahpixabay.com/Free-Photos

Jika kamu tidak tinggal sendiri, sebaiknya berikan pengertian pada orang di rumah bahwa kamu harus bekerja. Supaya kamu tetap bisa bekerja tanpa gangguan orang di sekitarmu.

Ingatkan mereka bila meski kamu berada di rumah, bukan berarti kamu sedang santai. Tapi, ada tanggung jawab yang harus diselesaikan.

4. Ciptakan ruang kerja yang kondusif

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari RumahPexels/Andrea Piacquadio

Tentu bekerja di kantor akan terasa sangat berbeda dengan bekerja di rumah. Tak jarang, kamu menjadi lebih mudah terdistraksi dengan hal-hal kecil. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan suasana bekerja yang kondusif.

Pilih ruangan yang tenang, tutup pintu untuk menghindari potensi gangguan agar kamu tetap fokus. Kalau bisa, hindari bekerja di tempat tidur karena ini malah bikin kamu terlalu nyaman hingga kurang serius dalam bekerja, bahkan mengantuk!

Baca Juga: 5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektif

5. Hindari hal-hal yang bisa membuat fokus teralihkan

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumahpixabay.com/Averyanovphoto

Selama bekerja, hindari hal-hal kecil yang bisa mengalihkan fokusmu. Misalnya dengan mematikan notifikasi media sosial.

Mungkin terkesan sepele, tapi hal kecil seperti itu bisa mengurangi fokus sehingga pekerjaan lebih lambat selesai. Hasilnya, kamu merasa pekerjaan tak kunjung selesai dan beban kian bertumpuk.

6. Tetap jalin komunikasi

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumahpexels/Andrea Piacquadio

Bekerja atau belajar dari rumah bukan berarti kamu harus menyelesaikan semuanya sendiri. Jangan ragu untuk berdiskusi bila memang kamu membutuhkannya.

Atur waktu yang pas dan pilih media komunikasi yang tepat, baik itu hanya melalui email, telepon, atau bahkan melakukan video call. Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman saat kamu mengerjakan tugas.

7. Disiplin dalam menerapkan aturan yang kamu buat

Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumahpixabay.com/DarkWorkX

Meskipun kamu sudah memiliki planning bekerja yang baik, bila tidak disiplin menerapkannya, ya percuma. Untuk memacu dirimu sendiri agar menaati aturan, kamu bisa menerapkan reward dan punishment.

Reward atau hadiah diberikan saat kamu berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, sementara punishment merupakan hukuman yang harus dijalani bila melanggar aturan.

Reward bisa berupa makanan enak atau bahkan menghadiahi dirimu sendiri liburan untuk refreshing. Sementara punishment bisa berupa kerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Itulah tips tetap produktif saat bekerja dan belajar dari rumah. Sudah paham apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga produktivitas selama bekerja atau belajar dari rumah? Semoga tips di atas bisa membantumu menjadi lebih giat, ya!

Baca Juga: Kerja Keras Aja Gak Cukup, Terapkan 6 Langkah Kerja Cerdas Ini

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya