Comscore Tracker

Dari Jawa hingga Bugis, Ini Rahasia Pesona Alami Perempuan Indonesia

Mana yang jadi inspirasimu?

Wanita Indonesia punya pesona yang beragam dan khas. Keelokan mereka mencerminkan ragam suku di berbagai daerah.

Beragam cara ditempuh perempuan Indonesia untuk mempertahankan pesona. Antara lain dengan resep alami yang dipraktikkan secara turun-temurun.

Berikut IDN Times menghimpun dari berbagai sumber, rahasia keelokan alami perempuan dari berbagai suku di Indonesia. Mungkin saja kamu juga terinspirasi dari salah satunya.

Baca Juga: Sarat Nilai Luhur, 6 Falsafah Hidup Masyarakat Bugis yang Bisa Ditiru

1. Suku Bugis

Dari Jawa hingga Bugis, Ini Rahasia Pesona Alami Perempuan Indonesiaadatindonesia.com

Suku yang masyarakatnya mayoritas terdapat di Sulawesi Selatan, punya rahasia kecantikan alami yang unik. Alih-alih bedak berwarna putih, orang Bugis justru lebih akrab dengan bedak hitam atau bedda lotong.

Nama bedda lotong berasal dari warna hitam yang dihasilkan bahan dasar bedak, yaitu beras hitam yang disangrai. Bahan itu ditambah parutan temulawak dan campuran air asam jawa yang didiamkan satu malam.

Endapan yang tercipta dari campuran di atas kemudian dijadikan lulur alami oleh wanita Bugis.

2. Suku Sunda

Dari Jawa hingga Bugis, Ini Rahasia Pesona Alami Perempuan Indonesiainstagram.com/laudyacynthiabella

Cuci muka merupakan solusi untuk menghindari menempelnya debu dan kotoran pada kulit. Untuk menghindari penyebab kulit kusam dan tidak sehat itu, kamu bisa meniru rahasia perempuan dari suku Sunda.

Perempuan Sunda kerap mendekatkan wajah ke arah tanakan nasi yang mengeluarkan uap. Nah, uap air itulah yang dipercaya membuat kulit lebih sehat dan segar.

Baca Juga: 5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim Hujan

3. Suku Jawa

Dari Jawa hingga Bugis, Ini Rahasia Pesona Alami Perempuan IndonesiaInstagram/Therealdisastr

Suku Jawa dikenal dengan rempah dan jamunya. Tak terkecuali pada ritual kecantikan, seperti yang dilakukan oleh putri keraton. 

Jamu memiliki banyak varian sesuai dengan khasiatnya. Salah satu jamu kecantikan adalah ramuan dari cengkih, santan, dan gula batu. Jamu ini dapat mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, dan dipercaya bisa membuat awet muda.

4. Bali

Dari Jawa hingga Bugis, Ini Rahasia Pesona Alami Perempuan IndonesiaInstagram/Luna Maya

Kamu tahu ramuan boreh? Itu adalah salah satu rahasia keelokan perempuan Bali. Ramuannya terdiri dari berbagai macam rempah, seperti serai, cendana, jahe, cengkih, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Penggunaan boreh ini seperti lulur.

Rutin melakukan boreh dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati, serta mencerahkan rona wajah. Selain itu, boreh juga memiliki khasiat kesehatan yaitu menghilangkan masuk angin dan menghilangkan pegal pegal karena ramuannya menghangatkan tubuh.

5. Suku Dayak

Dari Jawa hingga Bugis, Ini Rahasia Pesona Alami Perempuan IndonesiaInstagram/Jennifer Arnelita

Perempuan Suku Dayak akrab dengan pupur beras, yang memiliki manfaat mencerrahkan dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Itu sebabnya, mereka tidak lagi khawatir dengan teriknya matahari.

Untuk rambut, perempuan Dayak memiliki rahasia ramuan buah langer. Buah khas Kalimantan itu dipercaya menajaga rambut tetap hitam dan lebat. 

Selain yang di atas, masih banyak lagi rahasia keelokan alami yang diterapkan wanita Indonesia. Kamu bisa membagikan contoh lainnya di kolom komentar.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya