Comscore Tracker

Atasi Bekas Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajahmu

#IDNTimesLife Vitamin C juga bisa membantu melembabkan wajah

Pada vitamin C terdapat antioksidan kuat yang membantu mempertahankan kulit dari radikal bebas. Sehingga sel-sel kulit di dalam tubuh tetap terlindungi.

Banyak produk perawatan wajah yang menggunakan bahan aktif vitamin C. Mulai dari serum, moisturizer, maupun toner. Kandungan itu tentu sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Apa saja manfaat vitamin C untuk kulit wajah dan kecantikan? Ini lima di antaranya yang patut kamu ketahui.

1. Memudarkan noda bekas hiperpigmentasi

Atasi Bekas Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajahmuunsplash.com/Ayo Ogunseinde

Saat produksi melanin terlalu banyak, kulit mengalami masalah hiperpigmentasi yang berupa bercak hitam. Ini memang tidak berbahaya, tapi tetap saja mengganggu penampilan.

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan beragam cara. Salah satunya menggunakan produk perawatan berbahan vitamin C. Dikutip dari Greatist.com, vitamin C terbukti mengurangi tanda-tanda hiperpigmentasi. Itu karena kandungannya bisa menghambat produksi tirosinase (enzim yang berkontribusi pada produksi melanin).

2. Memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari

Atasi Bekas Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajahmupixabay.com/Kjerstin_Michaela

Jika sering terpapar sinar matahari berkepanjangan, kulit akan memburuk. Tapi kamu bisa melindunginya dengan menggunakan vitamin C dalam dosis tertentu.

Laman yang sama mengungkap hasil studi bahwa orang yang mengalami kerusakan kulit ringan atau sedang, mendapatkan perbaikan yang signifikan setelah merawat diri dengan vitamin C selama tiga bulan. Ini termasuk pengurangan garis-garis halus, kulit kering dan kasar, serta warna kulit yang berbeda.

3. Melembapkan kulit

Atasi Bekas Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajahmupexels.com/Sora Shimazaki

Salah satu turunan vitamin C, Magnesioum ascorbyl phospate, yang digunakan dalam produk perawatan kulit dipercaya memiliki efek melembapkan yang cukup baik pada kulit. Mengutip healthline.com, kandungan tersebut bahkan mampu mengurangi kehilangan air transpidermal dan meningkatkan kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan.

Selain itu, vitamin C juga bisa mendorong produksi kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit tampak kencang dan elastis. Dengan begitu, kamu pun bisa memperlambat munculnya tanda penuaan kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vitamin C Khusus Wajah, untuk Kulit Awet Muda dan Cerah

4. Mengurangi peradangan

Atasi Bekas Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajahmupexels.com/Andrea Piacquadio

Penelitian lain menunjukkan bila vitamin C efektif dalam meredakan tanda-tanda yang terkait dengan kondisi kulit inflamasi, seperti dermatitis, jerawat, dan psoriasis. Akan tetapi, jika kondisi yang kamu miliki cukup parah sebaiknya kunjungi dokter atau ahli profesional guna mendapatkan penanganan yang lebih baik.

5. Membantu regenerasi kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas

Atasi Bekas Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajahmupixabay.com/jmexclusives

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang terkenal kaya akan antioksidan. Zat tersebut bermanfaat untuk melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang cukup berbahaya. 

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C berguna untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan serta memicu regenerasi dengan menetralkan radikal bebas. 

Itu dia beberapa manfaat vitamin C bagi kulit wajah yang penting untuk kamu ketahui. Lantas, manfaat mana yang sudah pernah kamu rasakan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Vitamin C Buat Mencerahkan Kulit, Dijamin Ampuh

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya