Comscore Tracker

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanita

Latihan yoga secara rutin membuat tubuh lebih rileks

Yoga bukan sekadar olahraga. Bermanfaat membakar kalori, yoga sesungguhnya merupakan gabungan seni olah tubuh dan meditasi. Kegiatan itu bermanfaat banyak buat kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Yoga juga berkhasiat besar untuk kaum hawa. Sebab dibanding pria, wanita cenderung lebih mudah merasa stres dan tertekan. Kondisi itu bisa menggangu kualitas tidur dan kesehatan tubuh jika dibiarkan.

Berikut ini 8 manfaat yoga untuk kesehatan wanita. Dari membakar lemak bandel hingga menghasilkan tidur yang nyenyak. Cocok banget buat kamu yang ingin punya tubuh rileks dan bugar.

1. Relaksasi pikiran

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitafoodmatters.com

Gerakan yoga menekankan pernapasan dan keseimbangan tubuh. Yoga sebaiknya dilakukan saat pikiran dalam keadaan rileks dan tenang. Musik lembut juga akan membantu menciptakan suasana yang nyaman.

Rutin melakukan yoga membantumu lebih mudah mengendalikan diri. Hasilnya, kemampuan fokus dan berpikirmu lebih meningkat.

2. Meningkatkan kelincahan tubuh

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitalessons.com

Yoga dilakukan dengan banyak pilihan gerakan. Mulai dari gerakan pemula sampai kompleks, yang butuh keseimbangan, kekuatan otot, kelenturan, dan jangkauan tubuh ekstra.

Memang melakukan beberapa gerakan yoga akan terasa sulit di awal. Tapi terus berlatih akan mendorong kelincahan tubuh meningkat dengan sendirinya.

3. Membakar lemak

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitaself.com

Yoga cocok banget buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Sebab mayoritas gerakannya bisa membakar banyak kalori dan cadangan lemak di tubuh.

4. Melancarkan pernapasan

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitaunsplash.com/Erik Brolin

Seperti yang sudah disinggung, yoga merupakan gabungan antara seni olah tubuh dan meditasi. Aktivitas ini mengedepankan latihan mengatur pernapasan supaya lebih rileks.

Latihan yang dilakukan secara rutin membantu sistem pernapasan bekerja lebih baik. Bahkan sejumlah pakar kesehatan menyarankan penderita asma dan sesak napas agar berlatih yoga.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Kamu Memperlancar Sistem Pencernaanmu

5. Mengatasi nyeri punggung

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitawww.yogajournal.com

Selain melancarkan pernapasan, rutin berlatih yoga membuat otot lebih lentur. Rata-rata gerakannya bertumpu pada otot tangan, kaki, perut dan punggung. Nah, kalau kamu sering mengeluhkan nyeri atau pegal di bagian punggung, coba deh lakukan gerakan bridge seperti yang terlihat pada gambar.

6. Melancarkan peredaran darah

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitamindbodygreen.com

Pernapasan lancar, otot makin lentur, sudah pasti sistem peredaran darah pun jadi lebih lancar. Dampaknya bagus lho buat kesehatan, metabolisme tubuh jadi lebih baik dan terhindar dari penyakit.

Selain itu, peredaran darah yang lancar juga berimbas pada fungsi organ seks. Rutin melakukan yoga ternyata ampuh buat meningkatkan gairah seksual.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan WanitaPixabay/Xiangying

Disadari atau gak, mayoritas orang dewasa sering mengeluhkan kualitas tidur mereka yang buruk. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beban pikiran atau pola hidup yang kurang sehat.

Kamu punya keluhan yang sama? Coba deh rutin melakukan gerakan yoga. Selain tubuh jadi bugar, pikiranmu lebih tenang dan rileks. Dijamin bikin tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

8. Bikin tubuh lebih bugar dan awet muda

Bakar Lemak, Simak 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanitaunsplash.com/bruce mars

Ada fakta mengejutkan nih di balik gerakan yoga. Perpaduan olah tubuh dan meditasi memengaruhi kondisi sel dalam tubuh. Usia sel jadi lebih panjang, dan beberapa sel yang butuh regenerasi jadi berjalan lebih cepat.

Hasilnya, orang-orang yang rutin latihan yoga jadi nampak awet muda dan lebih bugar. Wah, idaman semua wanita nih bisa terhindar dari penuaan dini.

Sudah baca semua manfaat yoga di atas? Tunggu apa lagi, rutin berlatih sejak dini yuk biar tubuhmu makin sehat dan bugar.

Baca Juga: 9 Pose Yoga Ini Bisa Bikin Kamu Sehat & Lebih Kreatif, Cobain Yuk!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya