TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Panduan Memilih Concealer yang Cocok untuk Mata Panda, Pilih Warna!

Cari yang ada pelembabnya!

ilustrasi seseorang membawa makeup concealer (freepik.com/lookstudio)

Intinya Sih...

  • Pilih concealer dengan formula mencerahkan dan mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, asam kojat, atau ekstrak licorice.
  • Sesuaikan warna concealer dengan warna kulitmu dan tingkat keparahan mata panda yang kamu miliki.
  • Pertimbangkan konsistensi dan ketahanan concealer, serta uji produk terlebih dahulu sebelum membeli.

Mata panda, atau lingkaran hitam di sekitar mata, adalah salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kelelahan, hingga memang bawaan dari lahir. Nah, concealer adalah senjata rahasia yang bisa membantu menyamarkan mata panda dan memberikan tampilan wajah yang lebih cerah dan segar.

Akan tetapi, nyatanya, memilih concealer yang tepat untuk masalah mata panda ini cukup sulit untuk dilakukan. Simak yuk, enam tips penting untuk membantumu memilih concealer yang cocok bagi mata panda berikut ini.

1. Pilih concealer dengan formula yang mencerahkan

Ketika memilih concealer untuk menyamarkan mata panda, pilihlah produk dengan formula yang mencerahkan. Carilah concealer yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, asam kojat, atau ekstrak licorice yang bisa membantu mengurangi pigmentasi gelap di sekitar mata.

Formula yang mencerahkan seperti ini akan membantu menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Sehingga kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih cerah dan segar.

2. Sesuaikan warna dengan warna kulit dan masalah

Sebaiknya, sesuaikan warna concealer dengan warna kulitmu dan tingkat keparahan mata panda yang kamu miliki. Pilihlah concealer dengan warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulitmu untuk membantu menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Namun, jika kamu memiliki mata panda yang parah, cobalah untuk menggunakan concealer dengan warna oranye atau peach. Ini akan berguna untuk menetralkan pigmentasi gelap sebelum mengaplikasikan concealer dengan warna kulitmu.

3. Pilih konsistensi yang cocok

Gak cukup sampai disitu, konsistensi concealer juga penting untuk dipertimbangkan saat memilih produk untuk mata panda. Nah, untuk mata panda yang ringan hingga sedang, concealer dengan konsistensi ringan hingga sedang akan cukup untuk menyamarkannya tanpa membuatnya terlihat terlalu dempul, tebal atau berat.

Namun, jika kamu memiliki mata panda yang parah, sepertinya kamu memerlukan concealer dengan konsistensi yang lebih tebal atau kental. Sehingga ini akan bekerja lebih baik untuk menutupi kekurangan tersebut.

4. Perhatikan formula yang tahan lama

Selanjutnya, ketahanan concealer juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Terutama jika kamu menginginkan hasil yang tahan lama sepanjang hari, ya.

Sebaiknya, pilihlah concealer yang memiliki formula tahan lama dan gak mudah luntur atau pudar sepanjang hari. Sebab, formula yang tahan lama akan membantu concealer tetap terlihat segar dan menyamarkan mata panda sepanjang hari tanpa perlu retouch berulang kali.

5. Uji produk terlebih dahulu

Kemudian, sebelum memutuskan untuk membeli concealer, sebaiknya lakukan uji produk terlebih dahulu untuk memastikan bahwa produk tersebut cocok untukmu. Jika kamu membelinya secara offline, oleskan tester concealer di area mata pandamu dan amati bagaimana produk tersebut bereaksi dengan kulit.

Selain itu, perhatikan apakah concealer tersebut bisa menutupi atau menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata dan apakah formula dan warnanya sesuai dengan kebutuhanmu. Gak usah ragu untuk mencoba terlebih dahulu agar gak menyesal kemudian.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Aroma Parfum yang Cocok Dipakai ke Kantor

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya