Comscore Tracker

Cegah Kerutan, Ini 5 Manfaat Alami Tepung Beras untuk Kesehatan Kulit

Tepung beras sering jadi bahan baku produk skincare

Tepung beras termasuk bahan alami yang sering dipakai untuk perawatan kulit di rumah. Bahan ini juga banyak dimasukkan dalam berbagai jenis produk skincare.

Bukan tanpa alasan, sebab tepung beras sudah terbukti menyimpan begitu manfaat alami untuk kulit. Salah satunya bisa mencegah kerutan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

1. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Cegah Kerutan, Ini 5 Manfaat Alami Tepung Beras untuk Kesehatan Kulitpexels.com/Maggie Zhan

Tepung beras mengandung asam ferulic dan PABA, sehingga membantu kulitmu terlindungi dari sinar matahari. Asam para-aminobenzoic (PABA atau vitamin B10), juga merangsang pertumbuhan sel. Sedangkan asam ferulic dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, terutama jika dikombinasikan dengan vitamin C dan E.

Tumbuhan membuat vitamin C dan E untuk melindungi diri dari sinar matahari. Sedangkan manusia mendapatkan vitamin C dan E dari makanan dan bermanfaat untuk melindungi dari kerusakan sinar matahari, terutama bila vitamin ini dioleskan ke kulit.

Hanya saja, vitamin C dan E tidak terlalu stabil. Penelitian dalam Journal of Investigative Dermatology menunjukkan bahwa asam ferulic sangat meningkatkan stabilitas vitamin C dan E dalam larutan perawatan kulit.

2. Mengobati jerawat dan hiperpigmentasi

Cegah Kerutan, Ini 5 Manfaat Alami Tepung Beras untuk Kesehatan Kulitunsplash.com/Ayo Ogunseinde

Penggunaan tepung beras bisa membantumu mengatasi jerawat serta mencerahkan kulit. Khasiat ini dipicu efek pengupasan pada asam fitat yang diekstrak dari beras.

Asam fitat adalah antioksidan alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat diekstraksi dari banyak tumbuhan, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, serta banyak ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit. Menurut studi di Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, asam fitat sama efektifnya dengan asam glikolat dan asam salisilat dalam mengobati jerawat dan hiperpigmentasi.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Wajah ala Korea yang Buat Kulit Makin Glowing

3. Menyerap kelebihan minyak

Cegah Kerutan, Ini 5 Manfaat Alami Tepung Beras untuk Kesehatan Kulitfreepik.com/gpointstudio

Manfaat tepung beras yang bisa terlihat langsung adalah mampu menyerap minyak berlebih pada kulit dan rambut. Tepung beras menghilangkan protein dan lemak, sehingga yang tersisa cuma karbohidrat. Pati beras ini bersifat mengikat air dan menstabilkan lemak.

Menurut laman Healthline, pati beras ditemukan di banyak produk perawatan kulit dan rambut. Pati beras ditambahkan dengan tujuan untuk menyerap minyak, mengontrol kilau, dan meminimalkan tampilan pori.

4. Mengurangi kerutan

Cegah Kerutan, Ini 5 Manfaat Alami Tepung Beras untuk Kesehatan Kulitunsplash.com/Velizar Ivanov

Jika dicampur dengan tepung jagung, air mawar, dan gliserin, tepung beras bisa membuat kulit terlihat lebih mudah serta mengurangi tampilan kerutan. Cukup campurkan bahan-bahan di atas masing-masing satu sendok makan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan beberapa tetes gliserin. Kemudian oleskan ramuan pada wajah dan biarkan hingga kering sebelum dibilas.

Menurut International Journal of Cosmetic Science, tepung jagung mengandung vitamin E yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan. Sedangkan air mawar memiliki khasiat astringent yang mengencangkan pori-pori kulit. Gliserin sangat melembapkan kulit dan membuat kamu memiliki kulit yang lembut, kenyal, dan awet muda.

5. Mendukung penyembuhan luka

Cegah Kerutan, Ini 5 Manfaat Alami Tepung Beras untuk Kesehatan Kulitunsplash.com/Septian Simon

Senyawa organik lain dalam beras, yaitu allantoin, memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi. Menurut Journal of the American Academy of Dermatology, penelitian pada hewan dan in vitro menunjukkan bahwa hal itu dapat mendukung proses penyembuhan luka.

Demikianlah beberapa manfaat dari tepung beras untuk kulit. Karenanya, tepung beras bisa menjadi bahan untuk melakukan perawatan kulit di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu bisa mengombinasikan tepung beras dengan bahan lain.

Baca Juga: 8 Produk Skincare Berbahan Dasar Air, Ringan di Kulit!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul 5 Manfaat Tepung Beras untuk Merawat Kulit, Ekonomis dan Alami

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya