Comscore Tracker

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahan

Kamu dan pasangan harus saling berusaha

Hubungan yang berujung happy ending merupakan impian semua pasangan. Namun, untuk meraih happy ending itu, pasti ada beberapa permasalahan yang harus dilalui. Buat kamu dan pasanganmu yang sedang dalam jenjang persiapan pernikahan, hal-hal inilah yang pasti kamu jalani untuk membuat hubunganmu itu benar-benar berakhir happy ending.

1. Saling mengerti dan memahami kondisi satu sama lain, itu denyut yang vital dalam hubunganmu

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahanpexels.com/Jasmine Wallace

Bisa jadi, antara kamu dan pasanganmu itu masing-masing punya kebutuhan satu sama lain. Gak bisa dipungkiri juga, kalian harus saling mendukung untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pasangan. Karena itu, dalam menjalani hubungan itu perlu yang namanya saling mengerti dan saling memahami. Sifat yang seperti ini akan membuat hubunganmu itu semakin berwarna.

2. Kecemburuan itu perlu ada

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahanunsplash.com/Alex Holyoake

Iya, kamu gak salah baca. Dalam hubungan itu perlu namanya kecemburuan. Adanya kecemburuan itu memungkinkan kamu untuk mengetahui bagaimana pasanganmu itu. Hingga di satu titik, kamu tahu kalau kamu gak bisa berpisah dengannya. Di situlah pada akhirnya kamu tahu kalau masa depanmu bersama dia.

3. Komunikasi itu kunci utama

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahanpexels.com/Снежана

Bagi pasangan yang sudah akan menikah, satu-satunya cara untuk menjamin hubungannya berhasil adalah dengan berkomunikasi terus-menerus. Kamu tidak menahan diri untuk mengatakan hal-hal yang tidak disukai dari pasanganmu. Kamu juga dengan jelas mengungkapkan apa yang kamu mau, karena dengan cara ini hubungan pun bisa dipastikan bakal awet.

Baca Juga: 8 Ciri Hubungan yang Sebenarnya Sudah di Ujung Tanduk, Kamu Mengalami?

4. Menjalani hubungan itu berarti ada sesuatu yang harus dikorbankan

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahanpexels.com/@olly

Kamu tidak bisa menjalani hubungan itu dengan caramu 100 persen. Terkadang, kamu juga harus melakukan hal-hal yang tidak kamu senangi. Karena itu diperlukan kompromi di antara kalian. Mampu memahami kesukaan satu sama lain akan membawa hubunganmu itu semakin berwarna.

5. Jujur, jujur dan jujur

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahanpexels.com/Rosie Ann

Setiap orang pasti punya rahasia, begitu pula kamu dan pasanganmu. Tetapi di dalam hubungan, kamu harus jujur pada pasanganmu. Bayangkan, bagaimana kamu mau menghabiskan waktu dengan seseorang kalau kamu masih tetap mau menyimpan rahasiamu terus. Lagipula, mencintai seseorang itu berarti mencintai dia apa adanya dari yang baik maupun yang buruk. Berarti dari sisi rahasia tergelapnya, kamu harus menerima selama pasanganmu itu jujur padamu.

6. Tidak pernah lupa minta maaf dan memaafkan

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahanpexels.com/@olly

Menyebalkan terkadang kalau pasanganmu berbuat salah denganmu. Menyebalkan juga kalau kamu berbuat salah dan membuat pasanganmu marah. Apapun itu, yang terpenting adalah kamu mau minta maaf dan memaafkan. Tentu hal ini tidak semudah hanya diucapkan saja. Hal ini harus diikuti dengan kelakuan yang nyata. Beratkah untuk melakukan hal itu? Bisa jadi! Tetapi ingatlah, dengan mau melakukan itu, kamu yakin ada masa depan yang indah dengan pasanganmu itu.

7. Lupakan juga yang namanya dendam

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang PernikahanPexels/Gui Vergouwen

Hidup yang baik adalah hidup yang bisa berjalan di masa kini dan melupakan masa lalu. Prinsip yang sama ini juga diterapkan dalam hubunganmu. Kalau berargumen dengan pasanganmu, jangan pernah membawa masalah masa lalu. Lupakan dendam, hidup dengan memori yang ada sekarang ini.

Baca Juga: 13 Alasan Mengapa Anak Tunggal Itu Pacar yang Sempurna untuk Kamu

8. Kesalahan kecil janganlah dibuat besar

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang Pernikahangoalcast.com

Kalau kamu sudah mau menghabiskan waktu bersama seseorang, kamu sudah harus bisa tutup mata untuk kesalahan kecil yang dia lakukan. Justru hal-hal kecil inilah yang menjadi pembeda antara kamu dan pasanganmu. Dengan adanya kesalahan-kesalahan kecil ini, kamu belajar bagaimana caranya mengatasi pasanganmu itu ketika sudah menikah nanti.

9. Focus on the future

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang PernikahanPexels/Laura Garcia

Bagi kamu yang sudah akan berada di jenjang pernikahan, kamu tahu bagaimana gambaran masa depanmu itu. Kamu dan pasanganmu sudah banyak merencanakan hal-hal yang akan kamu lakukan setelah menikah nanti. Fokus pada masa depan ini juga akan menolongmu dari permasalahan ketika menyiapkan pernikahan kalian. Karena kamu tahu, ada masa depan indah yang akan menunggumu.

10. Buat hubunganmu itu selalu seru!

10 Saran Terbaik Menjaga Hubungan agar Awet hingga Jenjang PernikahanPixabay.com/Pexels/9152foto

Banyak orang yang bilang, masa satu tahun pertama pacaran itu masa honeymoon. Tahun-tahun selanjutnya adalah masa yang penuh dengan pertengkaran. Tetapi jika kamu bisa membuatmu hubunganmu itu seru, sepanjang tahun hubungan kalian akan selalu menjadi masa honeymoon. Bagaimanakah caranya? Sesuatu yang simpel seperti perhatian dengan kebiasaannya, atau diam-diam memberikan pasanganmu hal-hal yang dia sukai. Tindakan-tindakan seperti ini dijamin akan membuat hubunganmu itu seru dan tidak membosankan.

The best relationship require hard work from both side. Jadi hal ini gak cuma dilakukan olehmu, tapi oleh pasanganmu juga. Sepintas memang terlihat berat untuk menjalaninya, karena hal ini benar-benar mengubah kepribadianmu secara total. Dari yang asalnya single dan bebas melakukan apapun, sekarang harus ada satu orang lagi yang dipikirkan kalau kamu mau melakukan tindakan itu. Tapi jika kamu bisa, percayalah, hubunganmu itu pasti akan berakhir happy ending.

Baca Juga: Yakinlah, Cowok Gak Romantis Itu Justru Pantas Kamu Perjuangkan!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya