Comscore Tracker

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doi

Yang utama, jangan memaki atau berkata kasar

Setiap pasangan pasti pernah atau akan bertengkar dalam menjalani hubungan. Ada hal-hal yang bisa memicu perdebatan, termasuk perbedaan pandangan masing-masing.

Dengan bertengkar, pasangan kekasih bisa saling memahami. Tapi pertengkaran juga bisa memicu berakhirnya hubungan. Dikutip dari website Womans Day dan RD, inilah 9 hal yang harus kamu hindari saat bertengkar dengan pacar supaya tidak gampang putus.

1. Jangan mengeluarkan makian atau kata kasar, karena termasuk kekerasan verbal

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doipexels/moose photos

Bagaimana pun situasinya, jangan pernah mengeluarkan kata-kata kasar atau makian kepada pasanganmu. Kamu mungkin merasa lega karena melampiaskan emosi, tapi ini membuat pasanganmu jadi lebih sakit hati.

Selesaikanlah permasalahan, walau berat, dengan baik. Memaki justru akan membuatmu dicap melakukan kekerasan dalam bentuk verbal. Ingat, pasanganmu juga adalah manusia yang dapat melakukan kesalahan.

2. Bersikap diam atau abai

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan DoiPexels/Tess Emily Seymour

Jangan bersikap cuek atau mengabaikan pasanganmu, karena akan membuatnya merasa terhukum. Dia pun kian sakit hati karena menahan amarah. Di masa mendatang, dia bisa saja enggah terbuka dan mengutarakan apa yang dirasakannya. 

Kamu mungkin perlu waktu untuk menyendiri untuk memikirkan permasalahan dan menata hatimu. Tapi sebaiknya beritahu pasanganmu. Jangan membiarkan pasangan memikirkan sendiri mengenai kesalahan yang diperbuatnya.

3. Jangan pura-pura seakan tidak pernah terjadi sesuatu

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doipixabay/free-photos

Pura-pura tak terjadi sesuatu adalah kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak pasangan. Ini buruk. Kalian harus menyelesaikan permasalahan yahng muncul, sehingga mencapai solusi atas kesepakatan bersama.

Memang tidak nyaman jika kamu dan dia harus berdebat. Tetapi pura-pura lupa tidak akan menyelesaikan masalah.

Meski kamu dan dia ingin menjaga keharmonisan, bukan berarti kamu pura-pura bersikap seakan tidak ada yang terjadi. Konflik yang dipendam, justru dapat menjadi bumerang di masa mendatang. Menunda penyelesaian masalah itu hanya mengulur waktu.

4. Mengumbar permasalahan di media sosial

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doipexels/pixabay

Saat bertengkar dengan pasangan, kamu boleh saja curhat dengan teman yang paling kamu percaya atau keluarga. Tapi jangan sampai mengunggahnya di media sosial.

Perkelahian yang jadi konsumsi publik itu sangat tidak nyaman. Kamu tidak akan pernah mengetahui respons dari netizen yang mengetahui permasalahanmu. Alih-alih iba dan memberikan dukungan, mereka bisa saja justru menyalahkanmu.

Selain merugikan diri sendiri, ini juga akan merusak kepercayaan antara kamu dengan pasanganmu. Sebaiknya, bicarakan permasalahan ini berdua saja dengan pasanganmu atau meminta bantuan kepada profesional seperti psikolog.

5. Terlalu bersikeras tidak memaafkannya

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doipixabay/foundry

Sewaktu-waktu kamu akan merasa pasanganmu melakukan kesalahan fatal, sehingga menurutmu dia adalah orang terjahat yang kamu kenal. Kamu pun dilliputi emosi dan serasa ingin meledak.

Saat dia meminta maaf, kamu bergeming. Terkadang hatimu merasa ingin memaafkan, namun kamu gengsi melakukannya. Hal seperti ini hanya akan menyiksa dirimu sendiri dan memperburuk hubungan kalian. Pasangan juga akan berpikir bahwa apa yang dilakukannya, tidak akan cukup baik bagimu.

Pikirkanlah bahwa manusia kerap melakukan kesalahan, termasuk dirimu dan pasangan. Berikan kesempatan pada pasanganmu untuk membuktikan janjinya dan memperbaiki keadaan. Bantulah dirinya untuk mewujudkan hal tersebut dengan memaafkannya!

Baca Juga: 5 Zodiak Pencemburu yang Juga Cenderung Posesif Kalau Pacaran

6. Mengungkit kembali kesalahan masa lalu pasangan

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doipexels/Vera Arsic

Pasangan mungkin akan melakukan kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya. Kamu mungkin akan tergoda untuk mengomel padanya.

Meski kamu sangat ingin melakukannya, sebaiknya jangan katakan hal tersebut. Kamu terkesan mengungkit kesalahan di masa lalu dan tidak benar-benar memaafkan kesalahannya.

Ini juga menandakan bahwa permasalahan kalian di masa lalu, belum benar-benar selesai. Jika kamu masih mengungkit konflik itu, berarti kamu belum siap untuk menghadapi konflik di masa depan.

Pengungkitan ini tidak akan menyelesaikan permasalahan, namun justru akan memicu pertengkaran yang lebih intens lagi. Fokuslah pada permasalahan saat ini meskipun konfliknya sama seperti konflik di masa lalu!

7. Membiarkan permasalahan menjadi melebar dan tidak terkendali

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doipexels/andrea piacquadio

Kamu pasti pernah melihat sebuah pertengkaran yang konfliknya melebar ke mana-mana. Contohnya adalah ketika kalian berdebat mengenai pasangan yang terlambat.

Alih-alih berdebat mengenai penyebab keterlambatan dan mencari solusi, kamu dan pasangan malah bertengkar mengenai masalah yang lain. Misalnya, menuduh pasangan selingkuh hingga mempermasalahkan outfit yang dikenakan pasangan.

Permasalahan menjadi melebar dan kurang terfokus. Terkadang, ketika bertengkar dengan seseorang, kamu akan berusaha mencari pembelaan yang akan membawamu pada 'kemenangan'.

Justru, hal ini yang akan membuatmu kebingungan untuk menyelesaikan permasalahan. Ini karena ada banyak hal yang menyebabkan kamu dan dia menjadi emosi.

8. Mengatakan bahwa apa yang kamu perbuat tidak disengaja

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan Doiunsplash/Gus Moretta

Mengatakan bahwa kamu tidak bersungguh-sungguh melakukannya, hanya akan membuatnya marah. Entah disengaja atau tidak, kamu telah memberikan suatu dampak kepada pasanganmu. Begitupun sebaliknya.

Ketika kamu menuduh pasanganmu telah selingkuh, meski nyatanya tidak, kamu tidak akan bisa membuat keadaan pasanganmu kembali normal hanya dengan mengatakan, "Maaf aku tidak bersungguh-sungguh mengatakannya."

Pasangan akan menilai jika kamu adalah orang yang tak jujur dan tak sportif. Kamu seakan membela diri dan tak mau mengakui kesalahan. Kamu boleh mengatakan hal itu, namun lebih baik jika dibarengi dengan permintaan maaf yang tulus dan solusi yang tepat.

9. Terlalu berfokus pada penyebab pertengkaran

Agar Gak Gampang Putus, Hindari 9 Hal Ini Saat Berantem dengan DoiUnsplash/tjump

Ketika kalian bertengkar mengenai suatu hal, pasti kamu akan mengomel mengenai bagaimanakah hal tersebut bisa terjadi. Padahal, apa yang sudah terjadi tidak bisa ditarik mundur lagi. Percuma untuk diperdebatkan karena sudah terlanjur terjadi.

Daripada kamu menghamburkan energimu untuk melampiaskan emosi, lebih baik kerahkan untuk mencari solusi yang tepat. Jika kamu merasa pasanganmu menjadi pelupa akhir-akhir ini, bantulah untuk mengingatkannya.

Supaya pertengkaran yang terjadi menjadi lebih sehat, cobalah untuk menghindari 9 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat bertengkar dengan pacar tadi ya! Semoga kalian langgeng!

Baca Juga: 5 Alasan Pacaran Sebelum Menikah Itu Penting, Simak Baik-baik!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya